Asam Lambung Ternyata Bisa Sebabkan Kanker Esofagus, Gimana Cegahnya?

Ilustrasi sakit perut.
Sumber :
  • Pexels/sora shimazaki

VIVA Lifestyle – Asam lambung berperan penting dalam pencernaan. Selain mengurangi zat makanan yang kita cerna, asam lambung juga dapat membunuh mikroorganisme yang ikut masuk ke dalam tubuh lewat makanan.

Libur Lebaran Kasus Flu Singapura Meningkat, Kemenkes Minta Lakukan Ini untuk Pencegahan

Asam lambung diproduksi oleh sel-sel dalam lambung. Jumlahnya harus seimbang tak boleh lebih ataupun kurang. Jika terlalu sedikit, dapat menyebabkan beberapa gejala yaitu perut kembung, sering bersendawa, diare, nyeri perut dan nyeri di sekitar ulu hati. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Jika kadar asam lambung berlebih juga dapat menimbulkan beberapa penyakit, dan di antaranya bisa menjadi akut. Apa saja? Berikut ini rangkumannya seperti dikutip dari tayangan Hidup Sehat tvOne, Rabu 31 Januari 2024.

Pernah Merasa Waktunya Tak Lama Lagi, Ini Wejangan Babe Cabita ke Istri

1. Menyebabkan timbulnya nyeri ulu hati

Babe Cabita Sempat Didagnosis Anemia Aplastik, Apa Itu dan Penyebabnya?

Nyeri ulu hati disebabkan oleh naiknya asam lambung ke bagian tenggorokan. Sehingga menyebabkan kering di kerongkongan dan menimbulkan rasa nyeri di ulu hati. Rasa nyeri ini terasa ketika Anda membungkuk atau berbaring.

Jika rasa nyeri hanya timbul sesekali, Anda hanya perlu meminum obat anti asam lambung. Tapi kalau Anda sering mengalami nyeri ulu hati, Anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter.

2. Gerd

Gerd merupakan penyakit pencernaan kronis  yang terjadi ketika asam lambung atau cairan isi lambung naik kembali ke kerongkongan sehingga mengiritasi dinding kerongkongan. Gerd ditandai dengan nyeri di ulu hati.

Dalam interval 2 kali seminggu, cara mengatasi gerd adalah dengan gaya hidup sehat seperti tidak mengonsumsi kopi dan alkohol, dan konsumsi obat pereda asam lambung. Dalam beberapa kasus tertentu, gerd harus diatasi dengan operasi.

3. Gigi rusak

Gigi rusak ini terjadi lantaran asam lambung yang naik ke kerongkongan dan rongga mulut sehingga mengikis email gigi. Biasanya orang yang mengalaminya tidak menyadari sehingga memperburuk kondisi gigi dan mulut. Salah satu cara pencegahannya rajin ke dokter gigi untuk periksa gigi dan mulut. 

4. Esofagus Barrett

Ini merupakan komplikasi serius akibat gerd. Esofagus obarrettt jika tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan kanker esofagus

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya