Bersihkan Ginjal dengan Hanya Konsumsi Minuman Alami Ini, Dijamin Racun Keluar Seketika

Ilustrasi cuka apel.
Sumber :
  • Istimewa/Vegan Kitchen

VIVA Lifestyle – Menjaga kesehatan ginjal bukan perkara sulit untuk dilakukan, jika kita benar-benar paham caranya. Seperti kita ketahui banyak cara yang bisa dilakukan agar ginjal selalu sehat. 

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Tidak hanya menghindari pola dan gaya hidup yang buruk, konsumsi makanan dan minuman yang tepat juga bisa menjadi solusi agar ginjal Anda tetap sehat. Ginjal sendiri merupakan adalah organ kecil yang menakjubkan. Setiap hari bagian kecil dari tubuh ini memproses sekitar 200 liter darah, membuang kelebihan air dan produk limbah, membuang racun dan menjaga tubuh berfungsi dengan lancar. 

Jika ginjal tidak mampu membuang racun dan limbah dari dalam tubuh, maka racun dan limbah tersebut akan menumpuk di dalam tubuh dan menghambat fungsi normal ginjal, hati, dan organ lainnya, sehingga mengakibatkan kelelahan, sakit perut, sakit kepala, retensi air, dan masalah lainnya. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Penumpukan racun dan limbah juga dapat menyebabkan batu ginjal , kumpulan kristal atau mineral yang belum diolah yang dapat tumbuh hingga seukuran bola golf. Batu ginjal mempengaruhi 10-15 persen orang dewasa di Amerika, namun juga dapat ditemukan pada anak-anak berusia lima tahun. Scroll untuk baca selengkapnya informasi tentang ginjal, lengkap cara membersihkannya.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Penyebab dan Gejala Batu Ginjal

Melansir dari laman advacedurogoyinstitue.com, bahwa ada banyak penyebab batu ginjal, antara lain dehidrasi, urine terlalu asam, infeksi saluran kemih , penumpukan limbah dan racun di ginjal, dan lain-lain. 

Gejala-gejala batu ginjal meliputi nyeri punggung bawah, perut atau saluran kemih yang berlebihan yang mungkin tajam, ringan atau menyiksa, muntah-muntah parah atau rasa mual, keinginan terus-menerus untuk buang air kecil, dan menggigil atau berkeringat terus-menerus. 

Meskipun gejalanya bervariasi tergantung pada ukuran batu, rasa sakit dan ketidaknyamanan yang tak henti-hentinya di bagian samping tubuh adalah alasan yang baik untuk menemui ahli urologi . Batu ginjal mudah disembuhkan jika didiagnosis sejak dini.

Mengapa Ginjal Harus Rutin Dibersihkan?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus membuang racun dan limbah dari tubuh Anda. Misalnya, membersihkan ginjal akan meningkatkan fungsinya dan mengurangi kembung. Demikian pula, membersihkan ginjal meningkatkan kemampuan Anda untuk memproses makanan tertentu, menyerap nutrisi dan mengubah makanan menjadi energi, sehingga mencegah kelelahan.

Membuang limbah dan racun mencegah potensi infeksi dan mengurangi risiko masalah kandung kemih. Demikian pula, membersihkan ginjal mengurangi kemungkinan timbulnya batu ginjal yang menyakitkan, memperbaiki ketidakseimbangan hormon dan mencegah munculnya jerawat, eksim, dan ruam pada kulit.

Ilustrasi ginjal

Photo :
  • times of india

Cara Bersihkan Ginjal

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel efektif mencegah stres oksidatif pada ginjal. Ini meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh, menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi tekanan darah, menciptakan kondisi optimal untuk kesehatan ginjal. Cuka sari apel mengandung asam sitrat yang melarutkan batu ginjal. Sering mengonsumsi cuka sari apel juga mengeluarkan racun dari ginjal.

2. Kacang Merah

Kacang merah tidak hanya menyerupai ginjal tetapi juga membuang limbah dan racun dari ginjal serta membuang batu ginjal secara efektif. Kacang merah kaya akan Vitamin B, serat dan beberapa mineral yang membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsi saluran kemih.

3. Jus Lemon

Jus lemon secara alami bersifat asam dan meningkatkan kadar sitrat dalam urin, sehingga mencegah pembentukan batu ginjal. Jus lemon juga menyaring darah dan membuang limbah dan racun lainnya. Asupan jus lemon encer setiap hari mengurangi laju pembentukan batu ginjal dan melarutkan kristal kalsium oksalat, yang merupakan unsur paling umum dari batu ginjal. Bagi penderita batu ginjal, menggabungkan lemon dengan minyak zaitun akan memastikan keluarnya batu dengan lancar.

4. Semangka

Semangka adalah diuretik ringan. Ini menghidrasi dan membersihkan ginjal. Ia juga kaya akan likopen, yang meningkatkan kesehatan jantung dan memastikan ginjal berfungsi dengan baik. Semangka juga mengandung garam potasium dalam jumlah besar yang mengatur keasaman urin dan mencegah pembentukan batu. Faktanya, rutin mengonsumsi semangka sangat baik untuk kesehatan ginjal.

Buah delima.

Photo :
  • spirit.web.id

5. Delima

Baik jus maupun biji buah delima mengandung potasium dalam jumlah besar sehingga efektif menghilangkan batu ginjal. Kalium menurunkan keasaman urin, mencegah pembentukan batu karena sifat astringennya, membatasi kristalisasi mineral, dan mengeluarkan racun dan limbah dari ginjal.

6. Kemangi

Kemangi adalah diuretik yang efektif. Ini menghilangkan batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal. Kemangi juga menurunkan kadar asam urat dalam darah dan meningkatkan kesehatan ginjal. Bahan-bahannya seperti minyak esensial dan asam asetat memecah batu ginjal dan memungkinkan pembuangannya lancar. Kemangi juga merupakan pereda nyeri.

7. Kurma

Kurma yang direndam dalam air selama 24 jam lalu dikonsumsi setelah bijinya dibuang, efektif melarutkan dan mengeluarkan batu ginjal. Kurma kaya akan serat sehingga membantu mengurangi risiko batu ginjal. Kandungan magnesium dalam kurma juga membersihkan ginjal.

8. Dandelion

Mengonsumsi teh yang dibuat menggunakan dandelion organik kering atau akar dandelion segar (diambil dari tanah) membantu membersihkan ginjal. Dandelion adalah tonik ginjal, tetapi juga merangsang produksi empedu untuk meningkatkan pencernaan dan meminimalkan limbah mencapai ginjal.

Bahan alami pembersih lain yang efektif untuk ginjal adalah jus cranberry yang mendukung saluran kemih, melawan infeksi saluran kemih dan menghilangkan kelebihan kalsium oksalat. Bit dan jusnya mengandung Betaine yang meningkatkan keasaman urin, mencegah penumpukan struvite dan kalsium fosfat, serta mengurangi kemungkinan pembentukan batu ginjal.

Bahan pembersih efektif lainnya adalah air kelapa, jus mentimun, dan ceri. Untuk informasi lebih lanjut tentang mencegah dan mengobati masalah ginjal, kunjungi situs Advanced Urology Institute.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya