Cegah Pengapuran, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Kuat dan Sehat

Ilustrasi tulang dan syaraf
Sumber :
  • Pixabay/geralt

JAKARTA  – Osteoarthritis atau pengapuran tulang adalah masalah kesehatan berupa pengapuran sendi akibat kerusakan tulang rawan. Osteoarthritis ini terjadi ketika tulang rawan yang bertugas melindungi bagian ujung tulang keras mengalami kerusakan. 

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Tidak hanya terjadi pada lutut, osteoarthritis juga dapat dirasakan pada sendi lain, seperti pinggul, tulang punggung, jari tangan, dan lain sebagainya.

Osteoarthritis termasuk dalam penyakit degeneratif. Artinya, penyakit ini dapat memburuk seiring dengan bertambahnya usia. Maka dari itu, osteoarthritis adalah hal yang perlu ditangani sesegera mungkin.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Diketahui, osteoarthritis menjadi permasalahan bagi orang yang sudah lanjut usia. Tapi belakangan ini orang di bawah usia 65 tahun sudah mengalami tanda-tanda osteoarthritis. Salah satu penyebab pengapuran sendiri adalah kelebihan berat badan. Berat badan yang berlebih diketahui bisa membuat sendi lebih terbebani.

Untuk itu, salah satu cara mencegah terjadinya pengapuran sendi adalah dengan mengubah pola makan dan olahraga. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah pengapuran tulang sekaligus membantu dalam program diet Anda.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Lantas apa saja makanan yang dapat mencegah pengapuran tulang? Berikut ini rangkumannya seperti dikutip dari tayangan Hidup Sehat Plus tvOne, Rabu 21 Februari 2024. 

1. Ikan

Memasak ikan.

Photo :
  • Pixabay/Silberfuchs

Beberapa jenis ikan seperti salmon, sarden, tuna, dan makarel memiliki asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dengan menekan produksi sitokinin, dan  enzim yang merusak tulang lunak.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun.

Photo :
  • Pixabay/stevepb


Salah satu jenis minyak zaitun yakni ekstrak virgin olive oil. Kandungan di dalam minyak ini dapat mencegah peradangan tulang. Namun perhatikan saat mengonsumsi minyak zaitun dengan tidak menambahkan minyak atau mentega agar menghindari kelebihan kalori.

3. Sayuran berdaun hijau tua

Sayuran hijau.

Photo :
  • boldsky.com

Beberapa jenis sayuran ini antara lain, bayam, brokoli dan kale mengandung vitamin D yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada tulang lunak dan mengurangi jarak risiko sendi menyempit. 

4. Buah yang mengandung vitamin C

Ilustrasi Buah

Photo :
  • Pixabay/ Couleur

Bagi orang dewasa dapat konsumsi vitamin C harian sebanyak 90mg per hari, atau setara dengan dua buah jeruk. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya