Tulang Manusia dan Pakaian Wanita Ditemukan Berdekatan di Ruko Kota Malang, Polisi Bilang Begini

Ilustrasi lokasi peristiwa
Sumber :
  • ANTARA/Ujang Zaelani

Malang – Pihak kepolisian melalui Polresta Malang Kota masih mendalami penemuan tengkorak kepala dan tulang tubuh manusia di ruko Jalan Galunggung, Kota Malang. Kerangka manusia itu ditemukan pekerja bangunan.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Saat ini, kerangka manusia itu tengah diperiksa intensif oleh tim forensik untuk memastikan proses identifikasi.

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto menjelaskan pihaknya sudah melakukan olah Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) di lokasi penemuan kerangka manusia. Soal penemuan pakaian wanita di lokasi, ia belum bisa memastikan apakah masih keterkaitan atau tidak.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

"Kemarin kami sudah ke TKP terkait penemuan diduga tulang belulang manusia yang terbungkus kain. Pakaiannya itu tidak tahu (satu rangkaian) karena juga ada benner, sampah dan tumpukan material lain," kata Danang, Kamis, 14 Maret 2024.

Danang bilang, kondisi tengkorak dan tulang tubuh ditemukan dalam kondisi terpisah. Terkait jenis kelamin, dokter forensik juga masih terus melakukan identifikasi.

Pembunuh Wanita Hamil di Kelapa Gading Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto

Photo :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Polisi menyebut penemuan pakaian wanita belum bisa dijadikan patokan valid apakah tengkorak dan tulang tubuh ini milik seorang wanita.

Pun, dia menyampaikan pemeriksaan forensik bukan hanya sekedar untuk mengetahui tengkorak manusia dan jenis kelamin. Tapi, menurut dia, pemeriksaan forensik juga untuk mengetahui dugaan bekas luka atau indikasi lain yang memudahkan proses penyelidikan.

"Tentu diperiksa apakah ada bekas luka atau sesuatu yang tidak wajar di tukang belulang itu," jelas Danang.

"Lalu memeriksa ciri khusus yang mudah mudahan nanti bisa dijadikan dasar identifikasi identitas korban atau tulang belulang itu," lanjut Danang.

Sebelumnya, penemuan kerangka manusia ini membuat geger usai ditemukan salah satu pekerja bangunan bernama Hariyadi. Dia menuturkan penemuan tengkorak kepala dan badan pada pukul 10.00 WIB Rabu, 13 Maret 2024 kemarin.

Saat itu, mereka sedang menggali taman kosong berukuran lebar sekitar 40 centimeter, dengan kedalaman 40 centimeter. Bekas taman itu memanjang di sepanjang pagar teralis ruko.

"Awalnya kami mau bersih bersih, mau dibongkar tamannya. Tapi disitu ada karung goni, lalu ditarik dan ternyata ada tengkorak kepala manusia," kata Hariyadi.

Adapun saat ditemukan, tengkorak itu ditemukan dengan kondisi terpisah. Tengkorak yang diduga kepala manusia ditemukan terbungkus karung.

Sementara tulang belulang diduga tubuh manusia ditemukan terbungkus spanduk. "Kerangkanya lengkap. Tapi kepalanya di dalam karung, lalu tulang lainnya di spanduk," ujar Hariyadi.

Selain kerangka manusia, pekerja bangunan juga temukan pakaian baju dan celana perempuan di dekat lokasi penemuan. Namun, belum bisa dipastikan keterkaitan oakaian wanita tersebut dengan kerangka manusia yang ditemukan.

"Bajunya masih lengkap, tapi sudah agak rusak. Lalu, ada BH-nya juga, sepertinya perempuan. Setelah itu kami melaporkan ke polisi," tutur Hariyadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya