Komjen Fadil Imran Tegaskan Polri Siap Amankan Pengumuman Hasil Pemilu 2024

Kabaharkam Komjen Pol Fadil Imran
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Depok - Polri siap melakukan pengamanan pengumuman hasil penghitungan suara Pemilu 2024. Kesiapan personel sudah dilakukan jauh hari dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

“Terkait dengan kesiapan pleno penetapan hasil Pemilu yang rencananya akan dilaksanakan pada 20 Maret, Satgas Preventif yang merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata 2023-2024. Didalamnya adalah tim intinya Korsabhara Baharkam Polri bersama Polda Metro Jaya sudah mempersiapkan rencana pengamanan,” kata Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam), Komjen Pol Fadil Imran di Depok pada Kamis, 14 Maret 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membacakan pengumuman hasil Pemilu 2024 pada 20 Maret 2024. Fadil menegaskan, Polri sudah siap melakukan pengawalan. “Kita akan kawal tuntas pleno penetapan hasil Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan oleh KPU RI pada 20 Maret 2024 ini,” tegasnya.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Kabaharkam Komjen Pol Fadil Imran

Photo :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Disisi lain, Fadil menuturkan dalam tiap kunjungan ke daerah-daerah selalu melakukan pengecekan alat material khusus (almatsus). Kemudian, kata dia, juga dilakukan pengecekan sertifikasi personel.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

“Terkait kesiapan Sabhara Polri termasuk Polda jajaran, dalam setiap kunjungan saya selalu melakukan pengecekan kepada almatsus yang ada, sekaligus mengecek sertifikasi dari personel yang mengawaki,” ungkapnya.

Fadil mengatakan, saat ini sedang dilakukan penguatan Sabhara melalui sertifikasi. Nantinya, semua anggota dilatih dan jika diperlukan untuk melakukan pertolongan sudah mampu bekerja dengan baik.

“Jadi sekarang Pak Kakor sedang mengembangkan penguatan Sabhara melalui sertifikasi, jadi semua anggota dilatih kemampuannya, memiliki sertifikasi agar jika diperlukan melakukan pertolongan betul-betul dapat dilaksanakan dengan baik,” jelas dia.

Misalnya, kata Fadil, seperti yang dilakukan di Sumatera Barat (Sumbar). Di wilayah tersebut, Satuan Sabhara Polda Sumbar sudah diperintahkan untuk membantu turun ke lapangan.

“Contohnya yang terjadi di pesisir selatan Sumatera Barat, satuan Sabhara Polda Sumbar juga sudah kita perintahkan untuk membantu utk turun ke lapangan,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya