Olahraga Ini Bisa Buat Bokong Kencang dan Dilakukan Sembari Nonton

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Pandemi memaksa banyak orang untuk tetap tinggal di rumah sesering mungkin dan menghindari kerumunan. Hal itu kerap memicu rasa malas bergerak sehingga berat badan meningkat.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Seringnya, orang memilih duduk diam sambil menonton televisi serta mengonsumsi cemilan. Tanpa sadar, hal itu dapat menimbun lemak dan membuat berat badan bertambah.

Meski olahraga identik dengan suasana outdoor yang luas, namun bukan berarti kita tak bisa berolahraga di dalam ruangan. Diakui Coach Ben Mustofa, tubuh bisa berolahraga dengan gerakan sederhana sambil menonton televisi.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Baca juga: Alasan Lemak Perut Sulit Hilang Setelah Usia 40 Tahun, Begini Atasinya

"Tanpa sadar bisa olahraga, sambil nonton di rumah. Intinya harus niat. Ada 8 gerakan olahraga sambil menonton," kata Ben dalam acara Hidup Sehat, TvOne.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Berikut langkahnya: 

Pertama, ambil gaya duduk di sofa. Duduk tegap lalu berdiri tegap. Ulangi gerakan ini hingga 16 kali. Gerakan ini bisa memperkuat otot bokong dan kaki.

Kedua, sambil duduk dan berdiri, kombinasikan gerakam memukul ke depan. Hal ini seperti saat seseorang memukul ke depan.

Selanjutnya, berdiri lalu angkat salah satu lutut bergantian. Ulangi  gerakan tersebut sebanyak 16 kali.

Lanjukan dengan duduk bersandar lalu salah satu lutut diangkat ke arah dada. Lakukan secara bergantian sebanyak 16 kali. Kemudian angkat kedua lutut dan tarik ke arah dada.

Kelima, bisa memanfaatkan benda sekitar seperti botol mineral. Hal itu bisa menjadi pengganti barbel sebagai beban di tangan. Pegang dua buah botol dengan isinya yang penuh lalu angkat tangan ke atas sambil gerakan duduk dan berdiri seperti awal.

Keenam, biarkan tubuh istirahat dengan duduk tegap namun tangan tetap angkat lurus ke depan masih sambil memegang botol.

Kemudian, luruskan kedua tangan dan tekuk ke arah dalam. Hal ini untuk kuatkan otot lengan atas.

Terakhir, gerakan duduk di ujung sofa, tangan diletakan di samping tubuh. Kemudian turunkan bokong mendekati lantai. Ulangi gerakan duduk dan jongkok hingga 16 kali untuk kekuatan otot lengan bawah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya