Tekanan Darah Tinggi Bisa Dikontrol dengan Lemon, Ini Resepnya

Alat periksa tekanan darah
Sumber :
  • Viva.co.id/Bimo Aria

VIVA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit gaya hidup yang semakin umum dan mengganggu kehidupan orang-orang di seluruh dunia. Tekanan darah dianggap normal jika 120/80 mmHg, dan jika sudah di atas 140/90, termasuk dalam kategori tekanan darah tinggi.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Sama seperti penyakit gaya hidup lainnya, kebiasaan makan yang sehat dan gaya hidup seimbang, dipandang sebagai faktor kunci dalam mengendalikan penyakit tersebut. Salah satunya buah lemon yang juga disebut-sebut dapat mengontrol hipertensi. Bagaimana caranya?

Dilansir Times of India, lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dikemas dengan nutrisi penting, termasuk vitamin C, B kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, dan serat. Lemon juga dapat membantu menghilangkan stres dan meredakan sakit tenggorokan.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Nah, jika digabungkan dengan biji chia, makanan super ini juga menjanjikan manfaat kesehatan luar biasa. Bji chia sarat dengan serat, protein, dan banyak makronutrien. Biji chia juga kaya asam lemak omega-3, yang dikenal dapat bekerja sebagai pengencer darah sehingga membantu menurunkan hipertensi.

Di pagi hari, banyak orang yang mengonsumsi air biji chia yang direndam semalaman, karena itu dapat membantu mereka menuai manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Jika ditambahkan dengan lemon, minuman ini bisa membantu kamu mengelola tekanan darah tinggi.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Namun, tak perlu merendamnya semalaman. Cukup rendam biji chia dalam secangkir air selama kurang dari satu jam. Tambahkan perasan dari setengah lemon ke dalamnya lalu minum di pagi hari saat perut kosong. Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan madu ke dalamnya.

Meskipun minuman ini aman untuk semua orang, jika kamu sedang mengonsumsi obat pengencer darah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, sebelum mencoba minuman ini, karena biji chia juga membantu mengencerkan darah.
 

Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024