Desember Ini, 15 Juta Bahan Baku Vaksin COVID-19 Tiba di Indonesia

Ilustrasi vaksin.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA – Vaksin COVID-19 dari Sinovac telah tiba di Tanah Air pada Minggu, 6 Desember 2020. Dari total 3 juta dosis vaksin siap pakai yang disanggupi Sinovac, sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 yang baru tiba pada Minggu kemarin.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menjelaskan bahwa bulan ini pihaknya akan kembali menerima belasan juta vaksin COVID-19 berbentuk bulk atau bahan baku.

Baca Juga: 3 Alasan Indonesia Pilih Vaksin COVID-19 Sinovac

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

"Setelah kedatangan vaksin ini, selanjutnya kami akan berturut-turut kedatangan bulan Desember 15 juta dosis dalam bentuk bahan baku atau bulk," kata dia dalam virtual conference Perencanaan Distribusi dan Quality Control yang disiarkan langsung di YouTube Lawancovid 19, Selasa, 8 Desember 2020.

Honesti Basyir melanjutkan, untuk sisa 1,8 juta dosis vaksin dari 3 juta dosis vaksin yang disanggupi Sinovac, direncanakan akan tiba pada akhir bulan Desember ini atau paling lambat pada awal Januari 2021.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Tidak sampai di situ, Dirut Bio Farma juga menjelaskan bahwa pada Januari 2021, pihaknya akan kembali menerima vaksin dalam bentuk bahan baku.

"Januari 2021 akan tiba kembali dalam bentuk bulk atau bahan baku, sebanyak 30 juta dosis. Keseluruhan vaksin yang datang adalah jenis vaksin yang sama dengan tengah dilakukan uji klinik fase 3, baik di Indonesia dan Brazil maupun berbagai negara lainnya," jelas dia.

Di sisi lain, Bio Farma, kata Honesti Basyir, akan fokus pada penyimpanan vaksin COVID-19 dan akan melakukan berbagai persiapan agar siap melakukan pendistribusian setelah mendapatkan izin penggunaan oleh BPOM.

Meski vaksin sudah tiba pada Minggu, 6 Desember 2020. Masyarakat tetap diminta untuk memenuhi protokol kesehatan dengan menerapkan protokol 3M. Menjaga Jarak, Memakai Masker dan Menjahui Kerumunan serta Mencuci Tangan dengan air dan sabun untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 di Tanah Air.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Meski vaksin sudah tiba pada Minggu, 6 Desember 2020, masyarakat juga tetap wajib mematuhi protokol kesehatan dan selalu menerapkan protokol 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun, untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 di Tanah Air.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya