Jual Vaksin COVID-19 Palsu, 80 Orang Diamankan Polisi China

Ilustrasi vaksin COVID-19
Sumber :
  • Pixabay/pearson0612

VIVA – Polisi China telah menahan sekitar 80 orang dan menyita 3.000 vaksin COVID-19 palsu, menurut laporan media lokal Xinhua. Para tersangka diduga menjual jarum suntik saline yang sudah diisi sebelumnya sebagai vaksin virus corona dengan harga mark-up yang tinggi.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Penangkapan terjadi saat China meningkatkan kapasitas produksi vaksinnya. Pihak berwenang mengatakan, sejauh ini 24 juta dosis telah diberikan, dan tujuannya adalah untuk mengimunisasi 50 juta orang sebelum liburan Tahun Baru Imlek akhir bulan ini.

Laporan itu mengatakan, polisi di Beijing dan provinsi timur Jiangsu dan Shandong telah mengambil bagian dalam operasi tersebut dan telah melacak tempat-tempat di mana barang palsu itu diproduksi dan dijual, menemukan nomor yang dirahasiakan.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Laporan Xinhua mengatakan, polisi akan menindak kejahatan terkait vaksin, termasuk penjualan dan pembuatan vaksin palsu, dan mengingatkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin melalui jalur resmi untuk menghindari pemalsuan. Pakar vaksinasi memperingatkan pada saat itu bahwa insiden tersebut akan merusak kepercayaan publik yang sudah melemah terhadap vaksin.

Di bawah undang-undang vaksin baru yang mulai berlaku pada tahun 2019, mereka yang membuat dan menjual vaksin palsu dapat didenda antara 15 dan 50 kali nilai produk, sementara mereka yang membuat atau menjual produk di bawah standar akan dikenakan denda 10 hingga 30 kali lipat nilainya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Undang-undang tersebut diperkenalkan setelah serangkaian skandal keamanan yang melibatkan industri farmasi, termasuk satu kasus di mana pembuat vaksin Changchun Changsheng Bio-technology ditemukan telah menjual lebih dari 250.000 vaksin DPT di bawah standar - yang dirancang untuk melindungi bayi dari difteri, batuk rejan, dan tetanus - di provinsi Shandong.

Changchun Changsheng didenda 3,4 juta yuan (USD 526.000) oleh regulator provinsi - jumlah kecil untuk perusahaan terdaftar yang melaporkan laba bersih 566 juta yuan dan menerima 48,3 juta yuan dalam subsidi pemerintah pada 2017.

Tahun berikutnya perusahaan lain ditemukan telah memalsukan data produksi untuk vaksin rabies, kali ini menerima denda yang jauh lebih berat sebesar 9,1 miliar yuan. Pihak berwenang mengatakan bahwa lebih dari 80 pejabat telah dipecat atau diturunkan pangkatnya karena skandal itu, dan empat pejabat dari regulator makanan dan obat diserahkan kepada jaksa. Ketua perusahaan dan 14 karyawan juga ditangkap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya