Kemenkes Ungkap Kondisi 4 Pasien Baru Mutasi Virus COVID-19

Virus COVID-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Juru bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI, dokter Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid menjelaskan 4 kasus baru konfirmasi mutasi B117 virus COVID-19 dalam keadaan sehat. Empat kasus baru terkonfirmasi mutasi virus COVID-19 itu juga tidak ada yang diindikasikan mengalami gejala berat.

Pakar Ungkap Risiko Paparan COVID-19 di Tengah Polusi Udara Buruk

“Kami sampaikan kembali keempat kasus dengan varian B117 ini saat ini sudah sembuh. Mereka sudah menjalani pengobatan dan tata laksana, semuanya mengalami gejala ringan dan sedang,” ujar dokter Siti Nadia Tarmidzi seperti dikutip dari keterangannya, Selasa 9 Maret 2021.

Lebih lanjut Nadya menjelaskan bahwa keempat pasien tersebut hanya melakukan isolasi secara terpusat di tempat-tempat isolasi. Meski ada yang dirawat di rumah sakit tapi dengan kondisi yang ringan sedang.

Update COVID-19 Nasional 28 Februari 2023: Kasus Positif Tambah 266

Di sisi lain, Nadya menjelaskan bahwa hingga saat ini hasil pelacakan kasus terhadap kontak erat dan keluarga juga dinyatakan tidak ada yang memiliki gejala mengarah ke COVID-19.

Keempat kasus baru ini didapatkan dari hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing yang dilakukan oleh Badan Litbang Kesehatan Bersama dengan 16 laboratorium lainnya yang ada di Indonesia.

Update COVID-19 RI 22 Februari 2023: Kasus Positif Tambah 212

Sehingga saat ini terdapat enam kasus konfirmasi positif COVID-19, setelah sebelumnya pada 1 Maret sudah ditemukan dua kasus positif COVID-19 dengan varian virus B117  yang merupakan pelaku perjalanan luar negeri.

“Adapun keempat varian virus B117  ini ditemukan di 4 provinsi yaitu di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan,” jelas dokter Siti Nadia Tarmidzi.

Dokter Siti Nadia Tarmidzi menghimbau dengan adanya penambahan kasus COVID-19 varian B117, masyarakat diminta semakin waspada dan terus menerapkan disiplin menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker menjaga jarak mencuci tangan termasuk mengurangi mobilitas dan menghindari keramaian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya