Manfaat Mengejutkan Donor Darah, Atasi Stres Hingga Bikin Sehat

Ilustrasi donor darah.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Mendonorkan darah memiliki manfaat yang tidak ada habisnya bagi yang membutuhkan. Menurut Palang Merah Amerika, satu sumbangan darah dapat menyelamatkan 3 nyawa, di mana satu orang di AS membutuhkan darah setiap 2 detik.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Namun, mendonorkan darah tidak hanya menguntungkan penerimanya saja lho. Ada berbagai manfaat kesehatan bagi pendonornya juga. Berikut beberapa manfaat melakukan donor darah, dilansir Healthline, Jumat 19 Maret 2021.

Donor darah bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Menurut laporan dari Mental Health Foundation, mendonorkan darah dapat mengurangi stres, meningkatkan kesehatan mental, bermanfaat bagi kesehatan fisik, membantu menyingkirkan pikiran negatif, dan menumbuhkan rasa memiliki.

Bahkan, hasil penelitian telah menemukan bukti lebih lanjut tentang manfaat kesehatan lain yang didapat dari mendonorkan darah.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Dapat pemeriksaan kesehatan gratis

Untuk mendonorkan darah, kamu diharuskan menjalani pemeriksaan kesehatan, seperti mengecek nadi, tekanan darah, suhu tubuh, dan kadar hemoglobin, yang diberikan secara cuma-cuma saat akan melakukan donor darah.

Tentu saja, tes kesehatan gratis ini bisa memberikan gambaran mengenai kondisi kesehatanmu, yang secara efektif dapat mendeteksi masalah yang dapat menunjukkan kondisi medis yang mendasari atau faktor risiko penyakit tertentu.

Selain itu, darah kamu juga dites untuk mengetahui beberapa penyakit, seperti hepatitis B dan C, HIV, virus West Nile, sipilis, dan Trypanosoma cruzi.

Menurunkan risiko penyakit jantung?

Terkait manfaat donor darah untuk menurunkan risiko penyakit jantung, beberapa hasil penelitian menunjukkan hasil yang berbeda-beda. 

Sebuah studi yang dilakukan pada 2017 menunjukkan bahwa melakukan donor darah secara teratur dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung yang mungkin disebabkan oleh kadar kolesterol yang tidak baik. 

Namun studi yang dilakukan pada 2013, menunjukkan hal sebaliknya. Menurut studi ini, mendonorkan darah justru dapat mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, donor darah juga dianggap dapat menurunkan tekanan darah. 

Di samping itu, sebagai wujud kepedulian kepada sesama, JULO, berkolaborasi dengan PMI Tangerang menyelenggarakan kegiatan sosial Donor Darah bagi para karyawan yang bertempat di kantor pusat JULO di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, baru-baru ini. 

Pelaksana acara sosial donor darah, Tyasha Putri, mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan rasa kepedulian dan kesukarelaan karyawan dalam membantu sesama yang membutuhkan. 

"Semua peserta happy dan tertib dalam melaksanakan kegiatan donor darah ini. Walaupun di masa pandemi, acaranya berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun," kata dia lewat rilis yang diterima VIVA, Jumat 19 Maret 2021. 

Kegiatan donor darah ini diawali dengan 65 karyawan yang melakukan registrasi dan pada akhirnya menghasilkan 32 kantong donor. Kegiatan sosial donor darah ini akan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan perusahaan tersebut. 

Hans Sebastian, co-founder JULO, menyatakan komitmennya untuk terus memberi dampak positif kepada masyarakat Indonesia.  

"Hal ini tidak hanya diwujudkan melalui operasional bisnis kami dalam memberikan fasilitas kredit yang dapat dijangkau masyarakat Indonesia secara luas, namun juga melalui kegiatan CSR seperti donor darah yang dilakukan secara berkelanjutan. Semoga sedikit peran dari tim kami dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan," tutur Hans Sebastian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya