3 Ramuan Herbal Ini Dapat Turunkan Kolesterol Pasca Lebaran

Ilustrasi bawang putih.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat lebaran sejumlah makanan khas seperti opor, rendang, hingga lontong sayur menjadi menu yang wajib hadir. Rasa gurih dan tekstur lembut dari daging tentu menggoda lidah dan membuat kita kalap.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Sejumlah makanan tersebut diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol. Lantas bagaimana mengatasinya? Dalam tayangan Hidup Sehat TvOne, ahli herbal  dr. Muthoharah M.Si memberikan sejumlah resep herbal untuk menurunkan kolesterol.

Bawang putih

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Dijelaskan Muthe, sapaannya bawang putih secara empiris dan dari sejumlah penelitian disebut dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal ini lantaran bawang putih yang mengandung enzim alinase yang kerjanya menghambat enzim membentuk kolesterol.

"Bawang putih biasa bisa, hanya saja bawang putih tunggal alisin lebih tinggi. Bawang putih paling baik dalam bentuk mentah 10-15 menit dikunyah jangan langsung ditelan karena bawang putih akan merusak asam lambung," kata dia.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Atau bisa menumbuk bawang putih lalu tunggu selama 10-15 lalu bisa dicampur dengan air dan madu.

Seduhan teh bunga rosella

Photo :
  • U-Report

Dijelaskan Muthe, bunga rosella bisa menurunkan kolesterol karena mengandung vitamin C sebagai antioksidan. Selain itu, bunga rosella juga mengandung antisionin dan peptin untuk mencegah terjadinya pembentukan kolesterol. 

"Antioksidan dibutuhkan untuk mencegah pembuluh darah tetap elastis sehingga tidak terjadi luka,"ujar dia.

Cara membuat: seduh 6 gram bunga rosella dengan air panas sebanyak 2 gelas tunggu hingga hangat. Anda juga bisa menambahkan madu untuk menambah cita rasa.

Daun jati china belanda

Dijelaskan Muthe ada sejumlah campuran herbal seperti daun jati China Belanda yang diketahui dapat mencegah penyerapan lemak. Selain itu ada juga kunyit yang mengandung curcumuniod. 

"Fungsinya antioksidan juga meningkatkan ekskresi dari empedu. Bahan bakarnya kolesterol jadi menurunkan kolesterol dengan banyak mengeluarkan ekskresi," kata dia. 

Resep ramuan herbal: 

1 gram daun jati china

6 gram daun jati belanda

6 gram tempuyung

5 gram daun teh hijau

5 gram rimpang temulawqk

4 gran kunyit

3 gram meniran

1 liter air

Cara membuat:

Siapkan air mendidih sebanyak 1 liter lalu masukkan semua bahan. Rebus selama 15 menit lalu bisa dikonsumsi saat hangat. 

"Dikonsumsi 3x sehari. Ramuan ini untuk seharian. Dan ini sudah teruji klinis. Biasanya dikonsumsi selama 28 hari tapi tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, orang yang punya penyakit jantung berat, penderita diabetes. Minuman ini dikonsumsi pada orang yang memiliki kolesterol ringan di bawah 250," tutur Muthe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya