Obati COVID-19, Konsumsi Dexamethasone Picu Cacat Janin

Vaksinasi Corona
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Penggunaan deksametason telah dikaitkan dengan kematian yang rendah pada pasien COVID-19 yang sakit kritis. Bagai dua mata pisau, konsumsi obat ini pada ibu hamil dapat memicu kecacatan pada janin.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Deksametason merupakan obat jenis steroid oral murah yang digunakan untuk pengobatan berbagai kondisi seperti gangguan alergi, kondisi kulit, kolitis ulserativa, radang sendi, lupus, psoriasis, kelainan darah, asma serta jenis kanker tertentu. Tahun lalu, Kementerian Kesehatan Serikat telah menambahkan obat anti-inflamasi ini dalam protokol perawatan untuk pasien COVID-19 di tahap penyakit sedang hingga parah. 

Tetapi sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet telah memperingatkan bahwa pemberian deksametason kepada wanita hamil dengan COVID-19 dapat menyebabkan malformasi kongenital utama pada bayi.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Di studi itu, para peneliti dari University of Montreal di Kanada dan Université Claude Bernard di Prancis mempelajari keamanan obat COVID-19 yang umum untuk wanita hamil.

Obat COVID-19 untuk ibu hamil

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Untuk penelitian ini, mereka melihat data dari 231.075 wanita yang melahirkan anak tunggal antara tahun 1998 hingga 2015 di Kanada. Setidaknya 8.213 dari wanita ini terpapar minimal satu obat COVID-19 yang digunakan ulang selama kehamilan mereka.

Ini termasuk obat-obatan seperti deksametason, klorokuin, hidroksiklorokuin, azitromisin, obat HIV (indinavir, lopinavir/ritonavir, raltegravir, dan saquinavir, dan obat studi multiple sclerosis (interferon beta-1a, beta-1b, dan alfa-2b).

Penggunaan deksametason, antitrombotik dan obat HIV, ditemukan terkait dengan risiko tinggi kelahiran prematur. Cacat lahir utama juga ditemukan pada bayi yang lahir dari ibu yang terpapar deksametason dan azitromisin selama kehamilan.

Lebih lanjut, ibu yang menggunakan obat antitrombotik dan HIV selama kehamilan memiliki peningkatan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

Penelitian sebelumnya juga mengaitkan penggunaan deksametason selama kehamilan dengan risiko kelahiran prematur yang lebih tinggi. Oleh karena itu, penelitian tersebut mencatat bahwa dokter perlu berhati-hati saat merawat ibu hamil dengan COVID-19.

Infeksi COVID-19 selama kehamilan

Penelitian telah mengaitkan Infeksi COVID-19 selama kehamilan dengan hasil buruk yang serius bagi ibu dan bayi termasuk risiko preeklamsia, lahir mati, dan kelahiran prematur. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology mengungkapkan bahwa ibu hamil memiliki risiko kematian yang lebih tinggi, jika mereka tertular COVID-19. 

Studi oleh para peneliti di University of Washington di AS menunjukkan bahwa tingkat kematian COVID-19, 13 kali lebih tinggi pada wanita hamil daripada pada individu yang berusia sama.

Mereka yang berada di trimester ketiga atau dengan penyakit penyerta dikatakan berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi dan kematian akibat COVID-19. Sementara itu, uji coba sedang dilakukan untuk mempelajari keamanan vaksin untuk wanita hamil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya