Cuma 4 Bahan, Ini Resep Teh Herbal Atasi Rematik

Ilustrasi Sakit Rematik
Sumber :
  • Zheng Gu Shui

VIVA – Rematik kerap menimpa berbagai usia dan menghambat pasien menjalani aktivitasnya. Rasa nyeri yang mengintai pada pasien rematik membuat penyakit ini menjadi momok menakutkan bagi setiap orang.

4 Penyebab Rematik di Usia Muda, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Rematik sendiri adalah penyakit peradangan yang memicu rasa nyeri di sekitar otot dan sendi. Gejalanya pun sudah pasti rasa nyeri yang sulit ditahan hingga bengkak di area yang radang.

Menurut Ahli Herbal, dr. Ipak Ridmah Msi., reumatik sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti pola makan kurang baik hingga genetik. Salah satu bahan herbal yang berguna untuk mengatasi gejala rematik adalah akar sembung. 

Berkat “BRInita”, Teh Herbal Jadi Produk Unggulan Poktan Bensor Semarang

"Senyawa aktif di sini bisa atasi permasalahan akibat rematik tadi," terangnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Senin 14 Juni 2021.

Selain itu, Dokter Ipak menyampaikan bahwa akar sembung sebaiknya dikombinasikan dengan tanaman herbal lain guna memaksimalkan pengobatan. Seperti dengan tambahan kunyit, yang memiliki zat aktif untuk mengatasi peradangan akibat penyakit autoimun yang memicu rematik.

8 Teh Herbal Ini Ampuh Bantu Tidur Nyenyak

Herbal lainnya yang juga direkomendasikan sebagai campuran adalah tanaman anting dan temulawak. Keduanya juga bersifat sebagai anti inflamasi sehingga mampu meredakan rasa nyeri yang timbul di area peradangan.

"Semua bahannya dipotong kecil-kecil, geprek juga boleh, untuk memudahkan senyawa aktif keluar saat direbus," tuturnya.

Berikut bahan dan cara mengolah teh herbal untuk rematik.

Bahan:

2 gelas air

Segenggam akar sembung

1 ruas jari kunyit

1 tanaman anting

temulawak secukupnya

Cara mengolah

Rebus air hingga mendidih, lalu masukan akar sembung. Campur dengan herbal lainnya, rebus selama 15 menit.

Setelah itu, matikan api dan tutup panci agar senyawa aktifnya tak menguap.

Tuang sambil disaring. Seduh selagi hangat.

"Bisa juga dikombinasi dengan obat, tapi jeda waktu 2 jam. Herbal sebelum makan, makan, lalu obat kimia. Sepanjang pengalaman saya, ini bisa bantu menyembuhkan. Konsumsi, kalau gangguan parah 3 kali sehari, bisa juga sekali sehari untuk yang gangguan sedang, 2-3 hari sembuh, stop aja, kalau kambuh lagi baru diminum," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya