8 Minuman Terbaik Untuk Menghilangkan Stres

Ilustrasi depresi/stres.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA Lifestyle – Stres adalah respons alami tubuh terhadap situasi yang menekan atau menantang, dan kadang-kadang kita membutuhkan cara untuk meredakannya. 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meminum beberapa jenis minuman yang dikenal dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Dikutip dari mensxp, berikut adalah beberapa minuman yang dianggap dapat membantu meredakan stres.

1. Susu

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Freepik

Kalsium dan magnesium dalam susu membantu menurunkan tekanan darah. Susu juga mengandung triptofan, asam amino yang diubah menjadi serotonin, yang pada gilirannya meningkatkan mood dan membuat kamu tenang. Segelas penuh sebelum tidur dapat menghilangkan stress seketika.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

2. Teh hitam

Studi menunjukkan bahwa minum teh hitam selama enam minggu dapat membantu menurunkan kadar kortisol pasca stres. Untuk hasil yang lebih baik, pilih kopi tanpa kafein.

3. Air putih

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Air melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hati dan perasaan sejahtera. Minumlah sebanyak mungkin sepanjang hari untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

4. Jus ceri

Jus ceri membantu kamu tetap tenang dan mengelola stres. Satu ons jus ceri dua kali sehari ternyata bisa membantu meningkatkan kualitas sekaligus durasi tidur.

5. Teh hijau

Ilustrasi teh chamomile

Photo :
  • Pixabay/condesign

Selain membantu proses penurunan berat badan, ramuan ajaib ini juga mengandung senyawa theanine yang membantu mengurangi kecemasan.

6. Jus sayuran segar

Smoothie sayur

Photo :
  • Pixabay

Sayuran hijau seperti bayam, seledri, dan kangkung mengandung kalsium dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, sayuran ini kaya akan vitamin C yang membantu mengontrol respons tubuh terhadap stres.

7. Valerian

Ramuan yang satu ini merupakan ramuan obat yang sering ditemukan pada campuran teh. Dikenal dapat mengurangi rasa gugup, cemas, dan susah tidur, valerian adalah minuman pengantar tidur yang sempurna.

8. Teh Kamomil

Untuk menenangkan saraf kamu, tidak ada yang lebih baik daripada teh. Chamomile mengandung glisin, asam amino lain yang memiliki kualitas menenangkan.

Itulah sederet minuman yang dapat menghilangkan stres. Semoga artikel ini bermanfaat, dan stres yang kamu alami segera mereda agar bisa beraktivitas dengan santai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya