7 Cara Turunkan Gula Darah Secara Alami, Murah dan Simpel

Ilustrasi tes diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Menjaga gula darah agar tetap terkontrol sangat penting bagi pasien diabetes. Hal ini untuk mencegah penyakitnya bertambah parah atau terjadi komplikasi.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Beberapa komplikasi yang disebabkan oleh diabetes antara lain, serangan jantung dan stroke, infeksi kaki hingga berujung amputasi, gagal ginjal stadium akhir, dan disfungsi seksual.

Agar hal itu tidak terjadi, cobalah praktikan beberapa cara berikut untuk menurunkan gula darah secara alami, dilansir dari Healthline, Selasa, 29 Juni 2021.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

1. Olahraga secara teratur

Rutin berolahraga dapat membantu menjaga berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Jika sensitivitas insulin meningkat, maka sel-sel dalam tubuh akan menggunakan gula yang ada dalam aliran darah.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa olahraga yang direkomendasikan antara lain, angkat beban, jalan cepat, lari, bersepeda, menari, hiking, berenang dan masih banyak lagi.

2. Kelola asupan karbohidrat

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, akan membuat penyandang diabetes memiliki masalah dengan fungsi insulinnya. Jika proses ini gagal, kadar gula dalam darah bisa meningkat.

American Diabetes Association (ADA), menyarankan mengelola asupan karbohidrat dengan cara menghitung terlebih dahulu berapa kebutuhan karbohidratmu.

3. Meningkatkan asupan serat

Serat dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Sehingga dapat mendorong naiknya gula darah secara perlahan. Beberapa makanan yang mengandung tinggi serat, antara lain, sayur-sayuran, buah-buahan, polong-polongan dan biji-bijian utuh.

Asupan serat harian yang disarankan adalah sekitar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Atau, sekitar 14 gram untuk setiap 1.000 kalori.

4. Minum air agar tetap terhidrasi

Minum cukup air dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat. Selain mencegah dehidrasi, minum cukup air juga akan mrmbantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urine.

5. Mengontrol porsi makan

Mengontrol porsi makan akan membantu mengatur asupan kalori dan menjaga berat badan. Berat badan yang terkontrol, telah terbukti dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe-2. Mengontrol porsi makan juga dapat membantu mengurangi asupan kalori dan lonjakan gula darah.

6. Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah

Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah telah terbukti dapat mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

Beberapa makanan yang mengandung indeks glikemik rendah hingga sedang antara lain, yogurt, gandum, kacang polong, kacang-kacangan, pasta gandum dan sayuran non tepung.

7. Kelola stres

Stres dapat memengaruhi kadar gula darah. Hormon seperti glukagon dan kortisol akan disekresikan selama stres. Hormon ini dapat menyebabkan kadar gula darah naik.

Satu studi menunjukkan, melakukan olahraga, relaksasi, dan meditasi, secara signifikan dapat mengurangi stres dan menurunkan kadar gula darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya