Baik untuk Penyandang Diabetes, Ini 5 Manfaat Konsumsi Kunyit

Ilustrasi kunyit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kunyit merupakan salah satu tanaman rimpang dengan berjuta khasiatnya yang jarang diketahui banyak orang. Padahal, mengonsumsi kunyit terbukti mampu menangkal virus corona jenis baru lantaran ampuh menjaga imunitas. Penasaran?

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Dipaparkan dokter spesialis farmakologi klinik, dr Lonah SpFK, dalam acara Hidup Sehat tvOne, kunyit kerap digunakan sebagai bumbu masakan sehingga menambah kelezatan dan aromanya yang menggoda. Namun, jangan lupa juga bahwa kunyit dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, khususnya di saat pandemi COVID-19.

"Kunyit baik digunakan sebagai bumbu makanan dan juga sebagai pengobatan," ujarnya, Jumat 13 Agustus 2021.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh? Berikut rangkumannya berdasarkan paparan dr. Lonah.

Radikal bebas

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Radikal bebas dapat ditemui di mana pun di alam, mulai dari polusi, debu, hingga sumber makanan yang kurang baik bagi tubuh. Untuk itu, dibutuhkan pula makanan yang mampu menangkal radikal bebas, salah satunya kunyit.

"Ada kandungan curcuma dalam kunyit yang dapat lindungi organ tubuh dari radikal benas sehingga kunyit baik untuk jaga kesehatan organ tubuh pada masa pandemi," ujarnya.

Sistem imunitas

Sistem imunitas tubuh merupakan 'bala tentara' alami yang terbentuk dari pola hidup sehat, termasuk asupan yang baik. Ini termasuk asupan dari kunyit yang dijadikan alternatif minuman hangat di pagi hari untuk membentuk sistem imunitas.

"Warna kuning pada kunyit mengintatkan bahwa kunyit ada kurkuminoid dan minyak atsiri untuk pelihara sistem imunitas tubuh. Mengingat kita sedang hadapi wabah dan perlu makanan sehat untuk kesehatan tubuh," kata dr Lonah.

Kesehatan otak

Ilustrasi Penyakit Alzheimer.

Photo :
  • U-Report

Kesehatan otak dibutuhkan untuk mampu menjalankan aktivitas dengan lancar. Untuk itu, menjaga kesehatan otak sangat krusial karena terdapat banyak memori di dalamnya. Nah, salah satu alternatif bahan makanan sehat adalah kunyit yang mampu memproteksi kesehatan otak.

"Kunyit memiliki efek antioksidan dan neuroproteksi untuk mencegah penurunan kondisi pada penderita alzheimer," tutur dr Lonah.

Organ pencernaan

Sistem imunitas dibangun berdasarkan kesehatan organ secara keseluruhan, utamanya organ pencernaan. Untuk itu, kunyit menjadi pilihan tepat agar kesehatan sistem pencernaan dapat terlindungi.

"Kandungan zat aktif pada kunyit dapat melindungi saluran mukosa pencernaan sehingga bagi yang menderita sakit lambung baik untuk mengonsumsi kunyit dan produk olahannya," katanya.

Diabetes

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Pengidap diabetes berkaitan dengan kelainan pada sistem metabolik serta hiperglikemia atau kadar gula darah yang tinggi. Hal ini dapat ditekan dengan mengonsumsi kunyit lantaran zat aktif di dalamnya mampu melindungi organ penting yang berkaitan dengan diabetes.

"Kunyit dengan zat aktifnya dan efek antioksidan bermanfaat untuk lawan radikal bebas sehingga dapat melindugi sel beta di pangkreas dan jaga kestabilan insulin," tutur dr Lonah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya