Kayu Manis Bisa Turunkan Kadar Gula, Begini Caranya

ilustrasi gula, garam, kayu manis
Sumber :
  • Pixabay/ ulleo

VIVA – Kayu manis adalah rempah aromatik yang biasanya dijadikan untuk bumbu masakan atau mengharumkan kue dan dessert, karena aromanya harumnya sangat enak. Namun tidak hanya itu saja, kayu manis diketahui juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Gampang Kenyang Padahal Baru Makan Sedikit Ternyata Bukan Kondisi Normal, Ini Sebabnya

Salah satu manfaat kesehatan dari kayu manis adalah untuk mengatasi gula darah. Hal ini diungkapkan oleh ahli herbal dr.Muthoharrah,M.Si dalam program Hidup Sehat tvOne.

"Kayu manis memiliki efek seperti insulin insulin menurunkan kadar gula darah dengan cara sintesis protein dan lemak," kata Muthe, Senin 23 Agustus 2021.

Awas! Bukan Cuma Perih, Minum Obat Ini Bisa Sebabkan Maag hingga Pendarahan di Lambung

Tidak hanya kayu manis, daun sambiloto juga bisa digunakan dalam campuran rebusan kayu manis untuk mengatasi gula darah. Hal ini kata Muthe, karena sambiloto dapat menurunkan gula darah. Selain daun sambiloto, dapat juga menambahkan daun salam dan temulawak, yang mana temulawak kata Muthe memiliki efek hepatoprotektor untuk melindungi liver.

Cara membuat ramuan menurunkan kadar gula:
bahan-bahan:
- 800 ml air
- 7 gram kayu manis
- 5 gram daun sambiloto
- 5 gram daun salam
- 10 gram temulawak

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

cara membuat: rebus 800 ml air hingga mendidih, lalu masukkan semua bahan dan rebus hingga tersisa air setengahnya.

Untuk mengonsumsi ini, dijelaskan Muthe tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang mengonsumsi obat gula.

"Ini sudah teruji kalau mau minum herbal ini syaratnya tidak konsumsi obat gula, kadar gulanya darah maksimal 300, gula darah puasa maksimal 200. Jika satu minggu dicek mengalami penurunan atau penaikan kalau naik dihentikan kontrol ke dokter," jelas Muthe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya