Jangan Sikat Gigi Setelah Bangun Pagi, Dokter Ungkap Bahayanya

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tak sedikit masyarakat yang melakukan rutinitas menyikat gigi usai bangun tidur di pagi hari. Faktanya, kebiasaan itu kurang tepat dan bisa berakibat pada kerusakan gigi bahkan menjadi bolong. Kok bisa, ya?

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Mungkin masih teringat jelas lagu di masa kanak-kanak bahwa setelah bangun tidur harus segera mandi dan sikat gigi. Kebiasaan itu memang baik, namun rupanya kurang tepat dilakukan karena berdampak buruk pada gigi.

Dijabarkan Drg. Devya Linda SpBM, kebiasaan menyikat gigi seperti itu akan memicu gigi bolong. Sebab, setelah membersihkan gigi biasanya akan kembali kotor usai makan sarapan.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

"Kalau sikat gigi setelah bangun tidur, kita setelah sarapan kan kita langsung kerja. Nah, makanan itu berapa lama ada di gigi. Nanti bisa caries bolong gigi," ujarnya dalam acara Hidup Sehat, tvOne, baru-baru ini.

Lebih dalam, kebiasaan menyikat gigi bisa dilakukan dua kali sehari. Pertama ketika hendak tidur di malam hari sehingga gigi tak lagi terpapar makanan. Kedua, pagi hari usai sarapan.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

"Menyikat di waktu yang tepat, Sebelum tidur dan setelah sarapan pagi. Jadi sikat gigi lah setelah makan (sarapan)," imbuhnya.

Bahaya jika tak melakukan perawatan  dengan baik, bisa memicu bentuk gigi menjadi kurang baik. Bahkan tak jarang, gigi juga menjadi bolong atau bahkan terlepas dari akarnya.

"Kalau sudah tanggal 1, ya mau enggak mau pakai gigi pengganti, supaya gigi tidak bergeser, tidak renggang. Jadi lebih baik rawat lah gigi anda dari sekarang," bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya