Serba-serbi Parasetamol, Kegunaan hingga Efek Sampingnya

parasetamol
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVA – Inilah serba-serbi parasetamol yang perlu kamu ketahui. Kawasan Teluk Jakarta tercemar kandungan paracetamol. Kadar konsentrasinya diketahui sangat tinggi.

Suka Pake Viagra Biar Genjreng di Ranjang? Hati-hati, Bisa Mengancam Jiwa

Konsentrasi parasetamol di Angke terdeteksi memiliki kandungan paracetamol sebesar 610 nanogram per liter dan di Ancol mencapai 420 nanogram per liter.

Peneliti Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Zainal Arifin mengatakan dampak pencemaran parasetamol konsentrasi tinggi dengan paparan jangka panjang dapat meningkatkan kekhawatiran tentang risiko lingkungan terhadap perkembangan organisme laut di Teluk Jakarta. Berikut serba-serbi tentang parasetamol yang melansir dari patient.info. 

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Apa kegunaan Parasetamol?

Ilustrasi obat/vitamin.

Photo :
  • Freepik
4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Parasetamol termasuk dalam kelompok obat yang dikenal sebagai analgesik, atau obat penghilang rasa sakit. Digunakan untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang. Ini juga berguna untuk menurunkan suhu yang meningkat (demam), seperti selama pilek atau setelah imunisasi anak.

Parasetamol adalah obat penghilang rasa sakit yang umum dan tersedia untuk dibeli dari banyak gerai ritel sebagai tablet/kapsul dan sebagai obat cair. 

Banyak merek obat penghilang rasa sakit kombinasi 'over-the-counter' mengandung parasetamol, seperti halnya banyak obat pilek dan flu. 

Penting bagi kamu untuk memeriksa label pada setiap sediaan yang kamu beli untuk memastikan bahwa kamu tidak mengonsumsi lebih dari satu sediaan yang mengandung parasetamol. 

Ketahui Efeknya Sebelum Minum Parasetamol

Ilustrasi vitamin/obat.

Photo :
  • Freepik/topntp26

Kebanyakan orang dapat menggunakan parasetamol tanpa masalah, tetapi untuk memastikan itu adalah pengobatan yang tepat untuk kamu, bicarakan dengan dokter atau apoteker sebelum kamu meminumnya jika:

  • Kamu sedang hamil atau menyusui. Ini karena, saat kamu hamil atau menyusui bayi, kamu hanya boleh minum obat atas rekomendasi dokter.
  • Kamu memiliki masalah serius dengan cara kerja hati, atau jika kamu secara teratur minum alkohol dalam jumlah besar.
  • Kamu sedang mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.
  • Kamu pernah mengalami reaksi alergi terhadap obat.

Cara Minum Parasetamol

Ilustrasi pil/obat.

Photo :
  • Freepik/freepik

Sebelum mengonsumsi parasetamol, bacalah brosur informasi tercetak dari dalam kemasan. Selebaran produsen akan memberi lebih banyak informasi tentang parasetamol dan daftar lengkap efek samping yang mungkin akan kamu alami dari meminumnya.

Minum parasetamol persis seperti yang telah diberitahu oleh dokter atau apoteker, atau seperti yang diarahkan pada label wadah.

Dosis parasetamol yang direkomendasikan adalah:

  • Untuk orang dewasa dan anak-anak berusia 16 tahun ke atas: 500 mg-1 g setiap 4-6 jam hingga maksimum 4 g setiap hari.
  • Untuk anak usia 12-15 tahun: 480-750 mg setiap 4-6 jam hingga maksimal empat dosis setiap hari.
  • Untuk anak usia 10-11 tahun: 480-500 mg setiap 4-6 jam hingga maksimal empat dosis setiap hari.
  • Untuk anak usia 8-9 tahun: 360-375 mg setiap 4-6 jam hingga maksimal empat dosis setiap hari.
  • Untuk anak usia 6-7 tahun: 240-250 mg setiap 4-6 jam hingga maksimal empat dosis setiap hari.
  • Untuk anak usia 4-5 tahun: 240 mg setiap 4-6 jam hingga maksimal empat dosis setiap hari.
  • Untuk anak usia 2-3 tahun: 180 mg setiap 4-6 jam hingga maksimal empat dosis setiap hari.
  • Untuk anak usia 6 bulan-1 tahun: 120 mg setiap 4-6 jam hingga maksimal empat dosis setiap hari.
  • Untuk anak usia 3-5 bulan: 60 mg setiap 4-6 jam hingga maksimal empat dosis setiap hari.
  • Untuk anak usia 2 bulan setelah imunisasi: 60 mg, diulangi sekali setelah 4-6 jam jika diperlukan.

Kamu dapat mengambil dosis parasetamol setiap 4-6 jam jika diperlukan, hingga empat kali sehari. Ingatlah untuk meninggalkan setidaknya empat jam antara dosis dan tidak mengambil lebih dari empat dosis parasetamol dalam periode satu hari.

Kamu bisa minum parasetamol sebelum atau sesudah makan. Jika kamu memberikan parasetamol untuk anak, selalu periksa labelnya dengan cermat untuk memastikan memberikan dosis yang tepat untuk usia anak.

Jangan pernah mengambil lebih dari dosis yang direkomendasikan pada label. Mengambil terlalu banyak parasetamol dapat menyebabkan kerusakan pada hati. 

Jika kamu mencurigai bahwa kamu atau orang lain mungkin telah mengonsumsi overdosis parasetamol, segera pergi ke rumah sakit setempat. Bawalah obat itu agar dokter tahu efek samping apa yang akan terjadi jika meminum obat merk tersebut.

Jika rasa sakit kamu tidak berkurang dengan minum parasetamol, bicarakan dengan apoteker atau dokter untuk saran lebih lanjut.

Penting agar kamu tidak mengonsumsi lebih dari satu sediaan yang mengandung parasetamol sekaligus. Parasetamol adalah bahan dalam sejumlah preparat yang dijual bebas, termasuk banyak produk pilek dan flu. 

Parasetamol mungkin juga terkandung dalam obat penghilang rasa sakit yang mungkin sudah diresepkan oleh dokter. Sebelum minum obat lain, periksa label untuk melihat apakah mengandung parasetamol.

Bisakah Parasetamol Menyebabkan Masalah?

Parasetamol jarang menyebabkan efek samping jika dikonsumsi sesuai anjuran, tetapi jika kamu mengalami gejala yang mungkin disebabkan olehnya, diskusikan dengan apoteker atau dokter.

Bagaimana Cara Menyimpan Parasetamol?

  • Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan dan pandangan anak-anak.
  • Simpan di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari panas dan cahaya langsung.

Informasi penting tentang semua obat-obatan

  • Jangan pernah menyimpan obat-obatan yang sudah kedaluwarsa atau tidak diinginkan. Bawa semua obat-obatan tersebut ke apotek setempat yang akan membuangnya.
  • Jika kamu sedang menjalani operasi atau perawatan gigi, beri tahu orang yang melakukan perawatan obat apa yang kamu pakai.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya