Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Kotak P3K di mobil
Sumber :
  • Hyundai

Jakarta, 18 April 2024 - Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) merupakan salah satu perlengkapan penting yang harus ada di setiap mobil. Kotak ini berisi berbagai peralatan yang dapat digunakan untuk membantu korban kecelakaan sebelum mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Namun, banyak pemilik mobil yang tidak memperhatikan kondisi kotak P3K di mobil mereka. Padahal, kotak P3K memiliki masa kedaluwarsa dan perlu dijaga kebersihannya agar dapat berfungsi dengan baik.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Hyundai Indonesia, kotak P3K memiliki peran penting dalam membantu korban kecelakaan. Oleh sebab itu, perawatan dan pengecekan kotak P3K secara berkala oleh pemilik mobil sangatlah penting.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Berikut beberapa tips untuk merawat kotak P3K di mobil:

1. Periksa masa kedaluwarsa isi kotak P3K secara berkala. Cairan antiseptik dan steril umumnya memiliki masa berlaku tertentu. Jika sudah kadaluarsa, efeknya akan berkurang dan bahkan berbahaya.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

2. Ganti produk yang sudah dibuka dari plastiknya. Produk yang sudah dibuka berpotensi terkontaminasi. Ganti produk ini bila kondisinya sudah tidak baik, terutama yang menempel langsung pada tubuh atau luka.

3. Jaga kebersihan kotak P3K. Pastikan kotak P3K terhindar dari debu, kotoran, dan air.

4. Lengkapi kotak P3K dengan isi yang sesuai kebutuhan. Anda dapat menambahkan beberapa item seperti obat pereda nyeri, obat diare, dan salep luka bakar.

Dengan memperhatikan kotak P3K di mobil, Anda dapat membantu diri sendiri dan orang lain dalam situasi darurat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya