Ternyata Flu Ini Lebih Berbahaya dari COVID-19

Flu
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Pandemi virus corona telah merenggut lebih dari 5 juta nyawa di seluruh dunia sejak asalnya di kota Wuhan di China. Penyakit yang sangat menular pada sistem pernapasan bagian atas masih terus bermutasi yang merupakan ancaman bagi gelombang lain.

5 Common Cat Diseases, Everything You Need to Know

Namun, menurut para ahli penyakit menular, wabah flu global masih terus menjadi risiko "serius dan nyata" bagi manusia dibandingkan dengan COVID-19.

Menurut Profesor Michael Osterholm, direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Penyakit Menular di Universitas Minnesota, pandemi flu global bisa lebih buruk dalam hal tingkat keparahan dan jumlah kematian total. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dia  menyatakan bahwa flu dapat membunuh sekitar 33 juta orang dalam enam bulan pertama, yaitu sekitar enam kali lebih banyak dari total nyawa yang hilang selama pandemi COVID_19. 

Michael Osterholm menambahkan bahwa sebelum COVID-19, influenza adalah risiko biologis nomor satu bagi manusia dan ini tidak berubah, demikian dikutip dari Times of India.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Mengapa pandemi influenza lebih berbahaya

Baik COVID-19 maupun influenza adalah penyakit pada sistem pernapasan bagian atas yang menyebabkan gejala seperti demam, batuk, kelelahan, sesak napas, dan nyeri tubuh. Mereka dapat disebabkan oleh virus yang berbeda, tetapi dalam kasus yang parah, keduanya dapat menyebabkan pneumonia. 

Virus influenza (flu) musiman terdeteksi sepanjang tahun, virus flu biasa terjadi selama musim gugur dan musim dingin. Selain itu, ada beberapa jenis virus flu yang jauh lebih menular dan berbahaya daripada COVID-19 dan dapat menyebabkan korban jiwa yang sangat besar. 

Sementara virus flu telah ada sejak lama, virus corona masih baru dan banyak yang perlu diketahui tentangnya. Studi masih berlangsung untuk memahami mana dari dua infeksi pernapasan yang lebih menular.

Influenza membunuh sekitar 290.000 hingga 650.000 orang per tahun. Sebagian besar kasus berasal dari negara berpenghasilan rendah dan menengah. Vaksin yang tersedia saat ini untuk mencegah flu didasarkan pada teknologi yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1940-an dan diformulasikan setiap tahun tergantung pada perubahan RNA virus. 

Virus bermutasi setiap tahun dan tumbuh lebih kuat karena perubahan geografis dan iklim. Para ahli menyarankan masih belum ada vaksin yang tersedia untuk mencegah jenis virus influenza yang lebih kuat dan untuk waktu yang lebih lama. 

Para ahli percaya bahwa dalam kasus vaksin flu, tujuan akhir seharusnya tidak diberikan setiap tahun dan itu dapat memberikan perlindungan terhadap beberapa jenis virus.

Bagaimana cara melindungi diri sendiri?

Baik flu dan COVID-19 adalah infeksi pada sistem pernapasan bagian atas yang menyebar dari satu orang ke orang lain melalui tetesan aerosol yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi saat batuk, bersin, atau berbicara. 

Jadi, beberapa hal yang perlu dilakukan setiap orang untuk melindungi diri dari COVID dan flu adalah menjaga kebersihan, menutup mulut saat bersin, dan mencuci tangan secara teratur. Kedua, dapatkan vaksinasi untuk COVID-19 dan flu. 

Dalam waktu kurang dari sebulan kita secara resmi akan memasuki musim dingin ketika kasus infeksi saluran pernapasan meningkat. Jadi, yang terbaik adalah mendapatkan diri Anda divaksinasi sebelum itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya