Waspadai Gejala Flu Ini Jika Memiliki Penyakit Jantung

Flu
Flu
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Orang ada riwayat jantung sebelumnya harus sangat berhati-hati, mengingat penyakit lain dapat meningkatkan risiko komplikasi lebih lanjut. Karena diketahui bahwa pasien jantung sudah rentan terhadap serangan jantung, stroke, infeksi virus seperti COVID-19 atau flu cenderung mempersulit penanganan penyakit kardiovaskular.

Mengingat bahwa di tengah krisis virus corona, infeksi flu telah meningkat pesat, para ahli memperingatkan kemungkinan 'twindemic', dikutip dari Times of India. Hal ini tidak hanya mengkhawatirkan bagi semua orang, tetapi mereka yang memiliki penyakit jantung memiliki risiko lebih besar untuk dirawat di rumah sakit dan bahkan kematian.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), "Di antara orang dewasa yang dirawat di rumah sakit karena flu selama musim flu baru-baru ini, penyakit jantung adalah salah satu kondisi kronis (jangka panjang) yang paling umum—sekitar setengah dari orang dewasa yang dirawat di rumah sakit karena flu memiliki penyakit jantung."

Lebih lanjut, badan kesehatan tersebut menyoroti bahwa penelitian telah menunjukkan peningkatan serangan jantung dan stroke akibat penyakit flu.

Ilustrasi penyakit jantung.
Photo :
  • U-Report

Ilustrasi penyakit jantung.

Sementara pandemi COVID-19, langkah-langkah terkait untuk mengekang penyebaran dan menjaga kebersihan yang tepat menurunkan risiko tertular tidak hanya virus SARs-COV-2, tetapi juga flu, pelonggaran dan relaksasi yang sama telah membuatnya lebih sulit dari sebelumnya.

Pada saat seperti ini, pasien jantung harus sangat berhati-hati dan harus waspada terhadap kemungkinan tanda dan gejala flu. Seseorang harus tahu bagaimana membedakan antara gejala yang paling umum dan yang mengkhawatirkan.