Alami, Ini 13 Tips Rambut Cepat Panjang Tanpa Menggunakan Obat

Ilustrasi wanita/rambut berwarna/cat rambut.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Tips rambut cepat panjang sebetulnya mudah dilakukan oleh setiap orang. Selain itu, rambut panjang yang hitam berkilau juga adalah dambaan setiap perempuan. Maka tidak heran bila banyak yang merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan perawatan rambut kepada orang yang profesional.

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Tapi, dengan perawatan tersebut kerap muncul beberapa masalah seperti rambut kering, rontok, dan kusam menjadi penghambat untuk tumbuh rambut lebih panjang.

Banyak juga orang yang tidak mengetahui dengan betul bagaimana cara memanjangkan rambut hanya dalam waktu yang singkat, bahkan tidak mengalami risiko atau efek samping yang berarti.

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

Nah, bila kamu sedang mencari tips rambut cepat panjang, karena ingin terlihat lebih cantik, kamu dapat mencoba beberapa hal di bawah ini, dilansir dari laman Style Craze, Jumat, 29 Oktober 2021.

Lantas, Apa Saja Tips Rambut Cepat Panjang?

Selamat Tinggal Rambut Lepek! Berikut 7 Tips untuk Rambut Bervolume dan Sehat

1. Fokus Pada Perawatan Kulit Kepala

Tren Solusi Ampuh Masalah Rambut Teratasi Dengan Scrub Kulit Kepala

Photo :
  • U-Report

Semuanya diawali dengan kulit kepala. Kulit kepala yang sehat menciptakan lingkungan untuk rambut yang sehat pula. Hal ini berdampak pada tingkat pertumbuhan rambut dan juga kesehatan rambut.

Merawat kulit kepala dengan baik akan membantu darah dan nutrisi mencapai folikel rambut, sehingga dapat menghasilkan rambut yang lebih kuat dan mengurangi kerontokan rambut. Cuci kulit kepala dengan sampo lembut untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan penumpukan produk.

Pastikan memijat kulit kepala ketika keramas untuk meningkatkan aliran darah dan merangsang folikel rambut. Kamu juga dapat melakukan pijat kulit kepala untuk pengalaman peremajaan.

2. Gunakan Minyak Rambut Dua Kali Seminggu

Minyak rosemary untuk rambut.

Photo :
  • U-Report

Pijat kepala dengan minyak wambut merupakan salah satu tips rambut cepat panjang di rumah terbaik. Ini tidak hanya menawarkan relaksasi tetapi juga meningkatkan ketebalan rambut. Meminyaki akar rambut akan memberikan nutrisi dan membantu rambut tumbuh panjang serta lebih kuat. Ini juga membantu meremajakan batang rambut yang telah mati.

Gunakan minyak kelapa, lavender, atau almond untuk memijat kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya cukup mudah, oleskan minyak tersebut ke kulit kepala dan pijat lembut dengan ujung jari.

Biarkan sampai minyak rambut meresap. Bungkus kepala dengan handuk selama 10 menit untuk penyerapan minyak yang lebih baik ke rambut. Biarkan selama 1-2 jam dan kemudian uci rambut dengan air dingin dan sampo.

3. Kurangi Frekuensi Keramas

ilustrasi keramas

Photo :
  • U-Report

Tujuan dari sampo adalah untuk menghilangkan kotoran dan penumpukan minyak yang ada di dalami rambut dan kulit kepala. Namun, bila pemakaiannya dilakukan setiap hari akan membuat rambut kering, keriting, rapuh, dan mudah patah.

Biasanya sampo akan mengandung sulfat, dan penggunaannya yang berlebihan akan merusak rambut. Karenanya, pilihlah sampo yang terbebas sulfat berdasarkan kebutuhan dan jenis rambutmu.

Bersikaplah lembut ketika keramas busakan di kulit kepala dan biarkan busa meluncur ke bawah rambut. Rambut kamu akan menjadi lebih lembut ketika basah, dan menggosok sampo dengan kasar pada rambut lembut akan mengakibatkan kerusakan.

Selain itu, jangan lewatkan kondisioner karena ini adalah kunci untuk menjaga kesehatan rambut. Ini mengunci kelembaban di rambut, mencegah kekeringan, dan melindungi helai dari kotoran dan polusi.

4. Keringkan Rambut dengan Lembut

Mengeringkan rambut setelah keramas.

Photo :
  • U-Report

Bila mengeringkan rambut secara kasar dengan handuk akan meningkatkan kemungkinan kerusakan pada helai. Jadi, pakailah handuk dengan tekstur lembut atau halus untuk menepuk-nepuk rambut dan mengeringkannya dengan udara.

Selain itu, jangan gunakan handuk mandi untuk mengeringkan rambut karena membuat rambut kasar dan kusut. Sebagai gantinya, gunakan handuk microfiber yang tipis dan memiliki daya serap air yang tinggi.

5. Kurangi Alat Pemanas Panas

Mencatok rambut.

Photo :
  • http://bicarabicara.wordpress.com

Terlalu sering menggunakan alat penata rambut panas seperti pelurus dan tongkat pengeriting dapat merusak rambut. Alat-alat ini mengurangi ketebalan dan kilau rambut, membuatnya kusam dan kering. Oleh karena itu, kurangi penggunaan alat-alat ini. Sebagai gantinya, putar rambut basah dengan handuk untuk mengeritingnya tanpa menggunakan panas apa pun.

Jika kamu tidak dapat menghindari penataan panas sama sekali, pastikan untuk menggunakan pelindung panas. Produk ini membentuk penghalang pelindung pada batang rambut, mencegah kerusakan dan memastikan gaya rambut yang ramping dan bebas kusut.

6. Pertahankan Diet yang Tepat

Menu diet

Photo :
  • Times of India

Tips rambut cepat panjang membutuhkan lebih dari sekadar menggunakan produk yang tepat. Kamu juga perlu memberi makan rambut dengan nutrisi yang tepat. Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi seperti protein karena folikel rambut terbuat dari protein, kekurangannya dapat menyebabkan rambut rontok.

Oleh karena itu, konsumsilah makanan kaya protein, seperti telur, kacang-kacangan, yogurt, dan ikan, untuk menjaga rambut tetap panjang.

7. Tetap Terhidrasi

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Dehidrasi dapat menyebabkan kulit dan kulit kepala kering dan membuat rambut kamu rapuh, keriting, dan rontoh. Air minum mengandung elemen seperti kalsium yang mempengaruhi kesehatan rambut. Ini juga memperkuat akar dan mencegah kerusakan sehingga dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

8. Kurangi Berenang

Wanita berenang di kolam mewah.

Photo :
  • Repro

Tips rambut cepat panjang berikutnyua adalah dengan menghindari berenang. Kandungan klorin di dalam kolam renang akan merusak sehingga akan membuat pertumbuhan rambut semakin terhambat.

Tapi, untuk kamu yang hobi berenang, dapat memakai penutup kepala untuk menghindari rambut terkena klorin pada saat berenang. Setelah itu, langsung bilas dengan memakai sampo dan conditioner.

9. Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit Gatal

Photo :
  • vstory

Tentunya semua orang sudah menyadari bahwa lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan dan sebagai tips rambut cepat panjang. Namun, untuk mendapatkan manfaat dari lidah buaya secara maksimal, sebaiknya digunakan secara langsung, bukan memakai produk-produk perawatan rambut yang mengandung tanaman tersebut.

Caranya pun cukup mudah, kupas dan ambil gel ludah buaya. Kemudian oleskan ke rambut dan diamkan selama 20 sampai 30 dan bilas dengan air bersih.

10. Bawang Merah

Bawang Merah

Photo :
  • Pixabay/ Klimkin

Bawang merah mengandung belerang yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menumbuhkan rambut secara alami. Cara menggunakan bahan dapur ini sangat mudah. Kupas dan bersihkan satu genggam bawang merah.

Setelah itu, parut dan peras sampai sari bawang merah keluar. Setelah itu, oleskan ke dalam kulit kepala secara merata dan diamkan selama beberapa waktu. Terakhir, bersihkan dengan air mengalir.

11. Teh Hijau

Teh Hijau

Photo :
  • U-Report

Teh hijau adalah salah satu tips rambut cepat panjang. Teh hijau ini mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah dalam kulit kepala sehingga akan merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Caranya, seduh the hijau kemudian balurkan ke dalam kulit kepala secara merata. Setelah itu, bungkus memakai handuk dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan teh hijau dengan cara meminumnya.

12. Santan

Santan.

Photo :
  • U-Report

Santan juga bermanfaat untuk kesehatan rambut sehingga bisa digunakan untuk tips rambut cepat panjang. Hal ini mungkin terdengar aneh, tapi kamu bisa membuktikannya sendiri dengan rutin merawat rambut minimal 2 kali seminggu dengan bahan ini.

Selain memanjangkan rambut, santan juga bermanfaat untuk merawat, menghaluskan, dan melembutkan rambut. Caranya pun cukup mudah dengan membalurkan santan kental ke kulit kepala dan diamkan selam 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

13. Kurangi Begadang

Tips rambut cepat panjang terakhir adalah dengan mengurangi begadang, karena stres atau kurang beristirahat merupakan salah satu penyebab dari rontoknya rambut. Jadi, perbanyak istirahat dan kurangi begadang akan membantu untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Hal ini karena pada saat tidur, tubuh akan meregenerasi sel baru. Bila tidur terganggu, maka regenerasi sel juga akan terganggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya