Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

Ilustrasi ketombe
Sumber :
  • Freepik

JAKARTA – Ketombe menjadi salah satu masalah di kulit kepala yang dirasakan banyak orang. Ketombe sendiri muncul disebabkan oleh beberapa hal seperti iritasi dan ada juga ketombe yang disebabkan oleh jamur

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Ahli Dermatologi, dr. Farhan Zubedi, mengatakan, karena penyebabnya berbeda-beda, ketombe juga bisa ditangani dengan cara yang berbeda. Seperti apa? Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

"Karena ketombe itu ada yang mungkin cuma karena iritasi bukan karena ada bakteri atau jamur. Tapi mungkin ada ketombe yang memang disebabkan karena jamur," kata dokter Farhan Zubedi di acara CLEAR Community and Media Gathering: Exploring the Most Advance Anti Dandruff Technology from CLEAR, di kawasan Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Ilustrasi ketombe

Photo :
  • Freepik

Diungkap dokter Farhan, setiap ketombe memiliki penanganan berbeda. Apabila permasalahan ketombe itu tidak sembuh-sembuh, maka harus diperiksakan ke dokter.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

"Nah itu penanganannya berbeda. Jadi tergantung. Kita harus lihat dulu, cara tahunya gimana, ya sebenarnya idealnya harus diperiksa ke dokter kulit ya untuk tahu permasalahan ini gak ilang-ilang. Setiap ketombe itu bisa berbeda penanganannya," katanya.

Menggunakan sampo juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe, namun tergantung kandungan apa yang ada di dalam sampo tersebut. Misalnya sampo dengan kandungan niacinamide, bisa digunakan untuk ketombe basah dan ketombe kering. Gaya hidup yang baik dalam merawat rambut dan kulit kepala juga bisa membantu menghilangkan ketombe.  

"Sebenarnya kalau misalnya mau asal pakai sampo, kita lihat dulu sih kandungannya apa. Misalnya niacinamide bisa gak sih untuk dua jenis ketombe? Bisa. Dia bisa untuk yang kering atau basah," jelas dokter Farhan.

"Ada sampo-sampo yang misalnya punya anti jamur itu kan gak semuanya bisa untuk yang ketombe karena kulit kepalanya iritasi misalnya. Nah, itu mungkin cuma bisa dipakai untuk yang kulit kepalanya karena emang ada infeksi jamur," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya