Risiko Diabetes Meningkat di Usia Muda, Ini yang Harus Dilakukan

Ilustrasi tes diabetes.
Ilustrasi tes diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Risiko diabetes pada usia muda di Indonesia semakin meningkat. Menurut Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 - 2021, hasil diagnosis diabetes pada usia di atas 15 tahun meningkat hingga 2 persen, bahkan di Jakarta peningkatan kasus mencapai 3,4 persen. 

Kondisi ini dapat menjadi masalah kesehatan di negara kita, terlebih di masa pandemi, di mana banyak kasus fatal COVID-19 berakar dari komorbiditas. Faktanya, 34,5 persen pasien COVID-19 merupakan penderita diabetes melitus, demikian menurut data Kementerian Kesehatan RI edisi 13 Oktober 2020. 

Hal ini membuat para dokter dan peneliti mencari tahu alasan yang menyebabkan pergeseran ini. Sejumlah penelitian yang dilakukan telah menunjukkan hubungan antara perubahan gaya hidup yang tidak sehat dan munculnya diabetes dini pada anak-anak. 

Sebelumnya, generasi muda dan anak-anak biasanya didiagnosis dengan diabetes tipe 1, tetapi sekarang lebih banyak terdiagnosa diabetes tipe 2. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam tiga dekade terakhir, penderita diabetes tipe 2 juga telah meningkat secara dramatis. Bukan hanya pada lansia, diabetes juga kini banyak diidap oleh anak muda.

Prevalensi kasus diabetes di Indonesia meningkat sekitar 6,2 persen dibandingkan 2019 lalu. Bahkan, menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim penanggulangan COVID-19 di Indonesia, angka kematian pada pasien diabetes yang terinfeksi COVID-19 meningkat sebanyak 8,3 kali lipat dibandingkan dengan masyarakat yang tidak mengidap diabetes. 

Diketahui juga, sejak 2014, diabetes merupakan salah satu penyebab kematian di Indonesia. Spesialis gizi klinik, DR. dr. Luciana B Sutanto, Ms, Sp.GK, memaparkan, pola hidup seseorang dapat memengaruhi risiko diabetes. 

"Pola hidup, aktivitas dan makan dapat memengaruhi risiko diabetes. Untuk mencegahnya, bisa memulai dari mengatur pola makan," ujarnya dikutip VIVA dari siaran pers Lions Club Jakarta Madhava, Kamis 18 November 2021.