9 Tips Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami yang Jarang Diketahui

Ilustrasi kulit wajah
Sumber :
  • Freepik/benzolx

VIVA – ?Tips memutihkan wajah pasti menjadi incaran semua orang, khususnya untuk kaum Hawa. Karena, kulit wajah yang tampak lebih kusam dan tidak bercahaya akan membuat penampilan kamu menjadi semakin berkurang. Tentunya hal ini akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kamu. Mempunyai wajah yang cerah, bersih, dan segar tentunya akan membuat penampilan kamu semakin menarik dan juga meningkatkan rasa percaya diri kamu.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Untuk memperoleh kulit wajah yang putih, banyak orang yang ingin mendapatkannya secara instan dan cepat. Caranya dengan menggunakan produk kecantikan seperti sabun, pelembap, dan bedak. Tapi ternyata, produk-produk tersebut tidak selamanya bagus untuk wajah dan hanya akan menutupi wajah kamu dalam waktu sementara saja, bukan membuat kulit kamu tampak lebih cantik permanen. Menyadur dari Pulse, berikut adalah tips memutihkan wajah secara alami.

Lantas, Bagaimana Tips Memutihkan Wajah?

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

1. Yoghurt

Yoghurt.

Photo :
  • U-Report
Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Yogurt, minuman probiotik, adalah produk fermentasi dari susu yang mengandung banyak nutrisi penting dan penting untuk kulit kamu. Khususnya, asam laktat dalam yogurt memiliki manfaat untuk melembapkan dan pemutihan yang membuat produk fermentasi ini menjadi obat perawatan kulit yang bagus saat dioleskan ke kulit kamu. Ini membantu mencegah munculnya bintik-bintik dan noda di kulit, memberikan penyegaran pada kulit, awet muda dan bercahaya.

Ada banyak cara untuk mengoleskan yogurt ke kulit. Kamu dapat dengan lembut menggosokkan yogurt tanpa rasa pada kulit dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Kamu harus melakukan cara ini sekali setiap hari selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Jeruk

jeruk

Photo :
  • Times of India

Jeruk sangat kaya akan vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk perawatan kulit. Selain itu, buah ini mengandung sifat pemutihan yang sangat ampuh dalam mencerahkan warna kulit. Mengkonsumsi jus jeruk segar secara teratur dapat memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya tetap kenyal. Kamu dapat menggunakan jeruk dengan 2 cara untuk mencerahkan kulit.

Pertam, oleskan dua sendok makan campuran jus jeruk dengan sejumput bubuk kunyit ke area wajah dan leher sebelum tidur. Campuran tersebut juga dapat dipakai untuk bagian tubuh lain seperti tangan dan kaki. Diamkan selama 20 sampai 30 menit sebelum membilasnya. Lakukan setiap hari untuk memperoleh hasil maksimal.

Cara kedua, kamu dapat membuat pasta dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kulit jeruk kering dengan satu sendok makan yogurt tawar dan mengoleskannya ke kulit. Cuci pasta setelah 15 sampai 20 menit. Campuran ini membantu meringankan tanda dan bintik-bintik pada kulit wajah. Kamu harus melakukannya sekali atau dua kali seminggu. Jangan lakukan lebih dari itu.

3. Madu

Ilustrasi gambar madu manuka.

Photo :
  • U-Report

Madu adalah bahan perawatan kulit yang luar biasa yang memiliki sifat pemutihan dan pelembab yang hebat. Membantu mengatasi masalah ketidakseimbangan warna kulit yang berhubungan dengan kulit kering. Juga, bahan ini kaya akan sifat antibakteri yang membantu memudarkan bekas jerawat dan bintik-bintik penuaan pada kulit.

Ada banyak cara menggunakan madu untuk mencerahkan kulit. Caranya adalah dengan langsung mengoleskan madu murni ke wajah dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat. Ini membantu menarik sel-sel kulit mati dan memberi kulit kamu yang lebih segar dan cerah. Kamu harus melakukan pengobatan ini sekali sehari.

4. Lemon

Lemon

Photo :
  • stardaily

Lemon mengandung sifat asam yang membantu memutihkan kulit. Lemon juga kaya akan vitamin C yang merangsang produksi sel baru. Selain itu, buah ini memiliki antioksidan yang sangat penting untuk warna kulit. Kamu dapat memeras lemon untuk mengambil air perasannya, mencelupkan bola kapas ke dalamnya dan menerapkan air tersebut ke wajah kamu.

Selain itu, kamu juga bisa langsung mengoleskan irisan lemon pada kulit yang terkena dan biarkan menempel di kulit kamu. Biarkan irisan lemon setidaknya selama satu jam sebelum membilasnya dengan air dan lakukan setiap hari. Metode ini membantu mencegah munculnya bekas luka di wajah dan mencerahkan warna kulitmu.

5. Gel Lidah Buaya

lidah buaya

Photo :
  • U-Report

Lidah buaya aktif dalam menghilangkan hiperpigmentasi, salah satu faktor utama yang menyebabkan ketidakseimbangan warna kulit, dan mengembalikan warna asli kulit kamu. Ini juga memiliki efek pendinginan yang membantu memulihkan jaringan yang rusak dan meregenerasi sel-sel baru, menjaga kulit kamu tetap sehat.

Ambil beberapa lembar daun lidah buaya dan kupas lapisan luarnya. Peras untuk mendapatkan gel kental seperti jeli dan oleskan ke kulit kamu. Biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air. Lakukan dua kali sehari selama dua minggu untuk memperbaiki warna kulit.

6. Pepaya

Buah pepaya.

Photo :
  • Times of India

Bahan ini secara teratur digunakan dalam banyak perawatan kecantikan, termasuk mencerahkan warna kulit. Berkat sifat pemutihan alami dan banyak nutrisi penting lainnya, pepaya akan memberi kamu kulit yang bersinar dan sehat.

Cara paling sederhana adalah dengan mengonsumsi buah pepaya. Cara lainnya, potong untuk mengambil bagian dalam kulit pepaya untuk dioleskan pada wajah dan biarkan hingga kering. Kemudian, gunakan air dingin untuk membilas wajah kamu dan keringkan. Lakukan perawatan ini setiap hari.

7. Kunyit

Kunyit.

Photo :
  • U-Report

Kunyit secara teratur digunakan untuk mencerahkan warna kulit. Ini mempertahankan warna kulit yang seimbang dengan membangun jenis kandungan melanin. Ini juga mengandung sifat antioksidan dan antiseptik yang menjaga kulit kamu tetap sehat. Ada dua solusi ampuh yang bisa kamu ikuti.

Pertama dan terpenting, kamu bisa membuat pasta kental dari krim susu dan bubuk kunyit untuk dioleskan ke kulit wajah. Biarkan kering dan bersihkan kembali dengan air hangat. Cara lain adalah membuat masker dengan mencampurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh perasan lemon dan oleskan pada kulit kamu. Biarkan masker selama 20 – 25 menit sampai kering. Lepaskan masker dan cuci kembali wajah dengan air hangat.

8. Mentimun

Mentimun.

Photo :
  • U-Report

Sayuran ini mengikat kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang, kenyal, dan ringan. Ini juga mengandung efek pendinginan ketika diterapkan pada kulit. Kamu dapat menggunakan obat ini untuk setiap jenis kulit, bahkan kulit sensitif.

Cara yang paling umum adalah meletakkan irisan mentimun di wajah kamu dan membiarkannya selama beberapa menit, lalu melepasnya dan mencuci muka dengan air hangat. Kamu harus mengikutinya dua kali sehari.

Cara lain adalah membuat masker penghilang flek dengan mencampurkan madu dan parutan mentimun lalu oleskan pada leher dan wajah, diamkan masker selama 15 – 20 menit lalu gunakan air dingin untuk membilasnya.

9. Oatmeal

Masker oatmeal

Photo :
  • U-Report

Oatmeal adalah bahan terbaik untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, menghindari sel-sel tua dan memperbaiki warna kulit. Ini juga membantu untuk mengelupaskan kulit, membuatnya tetap lembut dan kenyal. Kamu dapat mengikuti dua pengobatan di bawah ini untuk merawat kulit dengan oatmeal.

Pertama, buat campuran oatmeal dan jus tomat untuk dioleskan ke kulit dan biarkan selama 20 menit sebelum dicuci dengan air dingin. Saat mencuci, gosok kulit dengan lembut untuk menarik sel kulit mati keluar dari kulit kamu.. Sebagai alternatif, buat pasta dari satu sendok teh bubuk oatmeal, sejumput kunyit dan beberapa tetes jus lemon untuk dioleskan ke kulit kamu dan biarkan kering.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya