Begini Cara Mengelola Diabetes dengan Makanan yang Tepat

Menu diet
Menu diet
Sumber :
  • Times of India

VIVA – International Diabetes Federation (IDF) mencatat 537 juta orang dewasa (umur 20 - 79 tahun) atau 1 dari 10 orang hidup dengan diabetes di seluruh dunia. Diabetes juga menyebabkan 6,7 juta kematian atau 1 tiap 5 detik.

Indonesia berada di posisi kelima dengan jumlah pengidap diabetes sebanyak 19,47 juta. Dengan jumlah penduduk sebesar 179,72 juta, ini berarti prevalensi diabetes di Indonesia sebesar 10,6%.

Menurut sebuah makalah yang diterbitkan oleh para peneliti India dalam jurnal Current Diabetes Review, 2016, ini bisa disebabkan dengan adanya lemak tubuh yang lebih tinggi, lemak perut, hati dan lemak pankreas dan massa tanpa lemak yang lebih rendah daripada orang kulit putih, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan risiko metabolisme dan kardiovaskular pada orang Asia.

Makalah ini juga menunjukkan bahwa konversi dari pra-diabetes menjadi diabetes terjadi lebih cepat, dan pengembalian ke regulasi glukosa normal dengan langkah-langkah gaya hidup yang tepat lebih sulit di India Asia daripada populasi kulit putih.

Diabetes

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Jalan keluar terbaik dari teka-teki ini dan untuk menghindari daftar cucian efek samping dan komplikasi diabetes adalah mempersenjatai diri dengan informasi tentang gangguan gaya hidup yang cepat mengambil alih hidup kita.

Dan faktor terpenting di sini selain olahraga teratur dan pengendalian stres adalah makanan yang Anda makan. Informasi yang benar dapat bekerja di kedua sisi - membantu mencegah lebih banyak orang menderita diabetes, dan juga membantu mereka yang sudah menderita gangguan mengelolanya dengan lebih baik. Sayangnya, ada banyak mitos yang beredar yang perlu dipatahkan, seperti dikutip dari Times of India