Tips Mudah dan Nyaman Atasi Ngilu Akibat Gigi Sensitif

Drg. Deni Ramdhani
Sumber :
  • YouTube VDVC Health

VIVA – Makanan dan minuman panas atau dingin sering kali membuat seseorang merasa ngilu karena memiliki gigi sensitif. Rasa cenat-cenut nyaris menghantam kepala sehingga kepala ikut sakit dan pusing.

Cara Mengurangi Ngilu pada Gigi Sensitif, Bisa Dicoba Sendiri di Rumah!

Rasa cenat-cenut pada gigi sensitif dapat mengganggu aktifitas seseorang. Gejala gigi sensitif adalah biasanya gigi terasa cenat cenut saat merasakan minuman panas atau dingin.

Oleh sebab itu, drg. Deni Ramdhani menjelaskan mengenai gigi sensitif. Dia juga memberi tips agar seseorang terhindar dari rasa ngilu akibat gigi sensitif. Apa saja ya?

Penyebab Gigi Sensitif, Begini Cara Mengatasinya

"Pertama menjaga kebersihan gigi dan mulut yang benar. Kedua menggunakan pasta gigi sensitif, sekarang udah banyak pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif," kata drg. Deni dalam program acara Solusi Penyakit di kanal YouTube VDVC Health yang tayang pada tanggal 7 Desember 2021.

Ketiga, seseorang disarankan tidak melakukan penekanan yang besar pada saat menyikat gigi. "Kalau dengan tekanan besar bukan hanya membersihkan gigi tapi juga bisa merusak lapisan email antara gigi dan gusi," ungkap drg. Deni menjelaskan.

Terlalu Sering Menyikat Picu Gigi Sensitif?

Dia juga menyarankan agar siapa saja menghindari beberapa penyebab yang dapat meningkatkan sensitifitas pada gigi sensitif. Salah satunya dari makanan dan minuman.

"Menghindari makanan dan minuman peningkat gejala gigi sensitif, misalnya makanan asam, terlalu manis, atau pedas, dan dingin. Sebaiknya kita hindari, waspadai sering konsumsi jeruk citrus, yoghurt dan minuman bersoda," ujar dia.

Menurut drg. Deni Ramdhani, seseorang boleh mengonsumsi minuman asam tapi tidak berlebihan dan tidak setiap hari karena bisa mengikis email. "Bila ingin minuman manis atau asam cobalah pakai sedotan agar tidak langsung kena gigi sehingga minuman langsung ke tenggorokan," ucapnya.

Tak hanya itu, minum air putih yang cukup dapat menghindari dehidrasi. Air putih tidak hanya untuk dehidrasi namun juga bisa mengembalikan kadar asam dalam mulut menjadi normal.

Sikatlah gigi secara perlahan untuk membantu meredakan gejala. Jika menggunakan obat kumur, pilihlah obat kumur yang bebas dari alkohol.

Bila sejumlah langkah di atas tidak meredakan gejala, konsultasikan dengan dokter gigi tentang metode pengobatan yang tepat. Pastikan kalau Anda selalu cukup mengonsumsi air putih.

"Jangan lupa minum air putih usai mengonsumsi makanan dan minuman penyebab gigi sensitif. Kemudian, periksa ke dokter gigi secara rutin," kata drg. Deni Ramdhani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya