Cara Mengurangi Ngilu pada Gigi Sensitif, Bisa Dicoba Sendiri di Rumah!

Ilustrasi gigi sensitif.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Apakah Anda pernah mengalami rasa sakit hingga ngilu pada gigi akibat makan, minum, dan menyikat gigi?  Tentu saja, setiap orang pasti pernah merasakan rasa sakit yang datang tiba-tiba pada gigi. Sakit dan ngilu pada gigi tentu bukan hal yang umum lagi dan pasti sering dialami oleh setiap orang.

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Ngilu pada gigi sensitif jangan sampai diabaikan begitu saja, karena jika sudah parah bisa menyebabkan kerusakan. Anda perlu ketahui, gigi sehat itu dikatakan adanya lapisan luar email yang keras menutupinya untuk melindungi saraf di dalamnya.

Namun, enamel bisa aus seiring waktu. Ketika lapisan tengah gigi terbuka, apa pun yang dimakan atau minum dapat mencapai ujung saraf sehingga sebabkan gigi ngilu. Berikut ini kami sudah sajikan untuk Anda cara menghilankang maupun mengusir ngilu pada gigi sensitif yang kerap dialami oleh orang-orang.  Tidak hanya itu kami juga sudah merangkum beberapa gejala dan penyebab yang perlu Anda ketahui berikut ini.

6 Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

Sakit gigi

Photo :
  • Times of India

Penyebab Ngilu pada Gigi Sensitif

Cara Jaga Kesehatan Gigi Selama Ramadhan ala Orang Arab Saudi, Pakai Siwak yang Kaya Manfaat

Berikut ini terdapat beberapa penyebab ngilu pada gigi yang perlu Anda ketahui. Mengutip dari berbagai sumber, kami sudah merangkum beberapa diantaranya untuk Anda ketahui. Apa saja?

Gigi Sensitif

Mungkin Anda sering mengalami ketidaknyamanan saat gigi terkena suhu dingin, cairan, atau makanan tertentu. Kondisi seperti itulah yang menjadi salah satu pertanda gigi ngilu dan mungkin telah mengembangkan sensitivitas yang terkait dengan satu atau lebih rangsangan, seperti suhu dingin.

Sensitivitas gigi berkembang dari dentin yang terbuka, jaringan yang terletak di bawah email atau lapisan luar yang keras dari gigi dan sementum atau jaringan yang menutupi akar gigi.

Dentin dapat terbuka sebagai akibat dari gigi berlubang, tambalan yang aus, atau dari gigi yang retak. Gusi yang surut pada penyakit gusi (atau karena menyikat terlalu kuat) juga dapat mengekspos dentin, yang menyebabkan sensitivitas gigi.

Abses Gigi

Selanjutnya, penyebab gigi ngilu disebabkan karena adanya rongga  atau pulpitis yang tidak dirawat. Di mana hal tersebut disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalam ruang pulpa. Ruang pulpa yang terinfeksi kemudian mencoba mengalirkan dirinya keluar dari ujung akar gigi.

Adanya tekanan dari infeksi yang mengering menyebabkan rasa sakit semakin menjadi-jadi saat tengah mengunyah. Jika Anda tidak segera mengobatinya, maka siap-siaplah rasa sakit pada gigi Anda bisa menjadi parah.

Gigi Retak

Gigi retak juga bisa menjadi penyebab gigi ngilu. Di mana, adanya gigi yang retak dapat terjadi karena trauma pada mulut. Selain itu, kekuatan dari menggigit benda yang mungkin terlalu keras bisa menyebabkan gigi retak.  Gejala gigi retak mungkin termasuk rasa sakit yang tajam saat menggigit atau mengunyah. 

Bruxisme

Bruxism ditandai dengan mengatupkan dan menggertakkan gigi, sering kali saat tidur dapat terjadi tanpa Anda sadari. Tetapi seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan sensitivitas gigi, serta sakit gigi atau wajah

Gigi Rusak

Memiliki gigi yang rusak biasanya kerap memacu pada erosi dan pembentukan rongga di permukaan luar (enamel) gigi. Ketika plak atau lapisan lengket bakteri terbentuk pada email gigi, plak akan memakan gula dan pati dari partikel makanan di mulut.

Journal of Federal Practitioner mengungkap, bahwa asam yang menggerogoti email ternyata dapat menyebabkan area dan lubang yang lemah. Seiring waktu, enamel rusak dan rongga terbentuk. Meskipun gigi berlubang umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, karena pembusukan menyebar ke dalam menuju lapisan tengah gigi (dentin), hal itu dapat menimbulkan gejala seperti kepekaan terhadap suhu dan sentuhan.

Gigi Impaksi

Tahukah Anda, ternyata gigi dapat terkena dampak ketika dicegah bergerak ke posisi yang tepat di mulut oleh gigi, gusi, atau tulang lain. Gigi yang paling sering terkena impaksi adalah gigi bungsu karena biasanya yang terakhir erupsi. Ketika tulang rahang tidak dapat menampung gigi tambahan ini, gigi tetap menempel di bawah gusi. Impaksi ini dapat menciptakan tekanan, rasa sakit, dan bahkan nyeri rahang. Selain penyebab gigi ngilu yang sudah kami sebutkan tersebut, ada juga gejalanya yang perlu Anda ketahui.

Gejala Gigi Ngilu

Ilustrasi pembengkakan kelenjar getah bening.

Photo :
  • U-Report

Rasa sakit yang terjadi pada gigi biasanya hanya dapat bertahan lebih lama dari 15 detik setelah stimulus dihilangkan. Di mana pada saat area peradangan meningkat, rasa sakit pun menjadi semakin parah. Hal inilah yang membuat rasa sakit hingga ngilu pada gigi, menyebar hingga ke pipi, telinga maupun rahang. Lantas, apa saja gejala gigi ngilu? Berikut ini kami sajikan sederet gejala gigi ngilu yang kami rangkum dari berbagai sumber.

  • Pendarahan atau keluarnya cairan dari sekitar gigi atau gusi
  • Pembengkakan di sekitar gigi atau pembengkakan rahang Anda
  • Cedera atau trauma pada area tersebut
  • Bau mulut
  • Demam
  • Rasa tidak enak di mulutmu
  • Kelenjar bengkak
  • Sakit saat mengunyah gigi atau rahang
  • Sakit kepala
  • Gigi sensitif terhadap panas atau dingin

Beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas tentu ada kaitannya dengan kerusakan pada gigi, patah gigi, atau penyakit gusi (penyakit periodontal). Kerusakan gigi atau area kemerahan di sekitar garis gusi gigi dapat menunjukkan sumber rasa sakit.

Itu tadi gejala yang sekiranya muncul saat gigi terasa ngilu. Setelah mengetahui penyebab serta gejalanya, mari kita simak cara mengatasi ngilu pada gigi sensitif seperti yang akan kami bagikan berikut ini.

Cara Menghilangkan Ngilu pada Gigi Sensitif

Berikut ini terdapat sederet cara menghilangkan ngilu pada gigi sensitif yang mungkin sering dialami oleh sebagian orang. Apa saja?

Segera Lakukan Pengobatan

Melakukan pengobatan tergantung pada diagnosis yang yang diketahuinya lebih dulu, dokter gigi tentu dapat merekomendasikan atau meresepkan berbagai obat sebagai cara mengatasi ngilu pada gigi sensitif.

Antibiotik 

Jika memiliki abses, pulpitis, gingivitis, atau periodontitis, pasti pakar kesehatan atau dokter Anda akan meresepkan antibiotik, seperti amoksisilin. Antibiotik ini nantinya akan diresepkan untuk sinusitis bakteri.

Pembilasan Oral 

Tahukan Anda, ternyata pembilasan pada mulut klorheksidin dapat diberikan oleh dokter gigi untuk mengobati radang gusi.  Nah bagi gigi sensitif, selain harus rajin sikat gigi dengan pasta gigi khusus yang dibuat untuk gigi sensitif, seperti Sensodyne, dokter Anda juga pasti akan menyarankan Anda mengoleskan  fluoride pada gigi Anda (terutama bagian gigi yang memenuhi gusi).

Demikian juga, untuk gigi retak yang tidak memanjang di bawah garis gusi, dokter gigi Anda dapat melakukan saluran akar dan memasang mahkota untuk mencegah retakan menyebar lebih jauh.

Untuk retakan yang lebih serius, seperti retakan yang memanjang di bawah garis gusi atau pada akar yang retak dengan infeksi terkait, pencabutan gigi mungkin diperlukan untuk cara mengatasi gigi ngilu.

Jangan Lupa Kontrol Nyeri Anda

Nah ketika ngilu pada gigi sangat meradang, biasanya dokter Anda akan merekomendasikan penggunaan Tylenol (acetaminophen) atau anti-inflamasi nonsteroid (NSAID). Untuk rasa sakit yang parah, dokter mungkin meresepkan opioid. Suntikan blok saraf lokal juga dapat diberikan untuk rasa sakit yang parah atau selama prosedur gigi.

Cara Mengurangi Ngilu pada Gigi Sensitif

Penyebab gigi sensitif dan cara mengatasinya | Photo by Anna Shvets on Pexels.com

Photo :
  • U-Report

Gigi sensitif dapat disebabkan oleh beberapa masalah. Untungnya, ada cara mengurangi sensitivitas gigi yang efektif. Beberapa solusi ini dapat digunakan dengan mudah di rumah. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menemukan bantuan gigi sensitif, pertimbangkan solusi hebat ini:

Selain beberapa cara di atas, ada juga cara menghilangkan ngilu pada gigi sensitif yang bisa Anda gunakan seperti yang kami lansir dari wesleydentistry.com berikut ini.

1. Gunakan Pasta Gigi yang Dibuat untuk Gigi Sensitif

Menggunakan pasta gigi yang dirancang khusus untuk mengobati sensitivitas gigi dapat membantu meredakan gejala. Sebagian besar pasta gigi ini mengandung bahan yang untuk sementara mengisi lubang kecil di email dan dentin Anda. Ini mengurangi jumlah paparan yang akan diterima saraf sensitif gigi Anda.

2. Gunakan Hanya Sikat Gigi Lembut

Salah satu tip mudah yang dapat digunakan untuk menghilangkan gigi sensitif adalah mengganti sikat gigi Anda. Jika Anda menggunakan sikat gigi dengan bulu yang kaku, Anda bisa memperburuk kondisi Anda. Bulu yang kaku dan pasta gigi yang abrasif keras pada enamel, menyebabkan lubang yang lebih mikroskopis dan akhirnya lebih sensitif. Mereka juga dapat memperburuk resesi gusi, yang menyebabkan dentin terbuka dan saraf sensitif. Cobalah sikat gigi berbulu lembut dan pastikan Anda menyikat dengan lembut untuk menjaga permukaan gigi dan menjaga keutuhan gusi.

3. Gunakan Pelindung Mulut di Malam Hari

Terkadang gigi sensitif disebabkan oleh menggemeretakkan gigi di malam hari. Ini disebut bruxisme. Jika ini menjadi masalah bagi Anda, dokter gigi Anda dapat mengambil cetakan gigi Anda dan membuat pelindung mulut khusus untuk dipakai saat tidur. Pelindung ini melindungi dari tekanan dan mencegah kerusakan gigi yang dapat disebabkan oleh gerinda di malam hari

4. Periksakan Gusi Anda ke Dokter Gigi

Gusi yang sakit atau surut dapat menjadi penyebab utama sensitivitas gigi. Saat jaringan gusi rusak dan menjauh dari permukaan gigi, bagian gigi yang tidak memiliki enamel (di bawah garis gusi) menjadi terbuka. Ini membuat saraf agak tidak terlindungi dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan. Mintalah dokter gigi memeriksa gusi Anda untuk memastikan Anda tidak memiliki  penyakit gusi  yang perlu dirawat. Gusi yang sehat melindungi gigi dan mencegah sensitivitas gigi.

 5. Membuat Obat Kumur Air Garam

Membuat obat kumur dari garam dan air dapat membantu mengurangi sensitivitas gigi dengan cepat. Air garam menyeimbangkan tingkat pH di dalam mulut, menciptakan lingkungan basa yang mengurangi pertumbuhan bakteri. Ini juga mengurangi plak dalam prosesnya. Bilas air garam mudah dilakukan dengan mencampurkan dua sendok teh garam dengan secangkir air hangat. Bilas ini harus digunakan pada pagi dan malam hari sampai kepekaan membaik.

6. Penarikan Minyak: Berdesir Dengan Minyak Kelapa

Jika Anda memiliki gigi sensitif dari kemungkinan pertumbuhan bakteri yang berlebihan, minyak kelapa dapat membantu. Saat Anda mengibaskan minyak kelapa cair di sekitar mulut Anda, itu disebut menarik minyak. Obat ini telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai bantuan kesehatan mulut. Minyak kelapa menghambat pertumbuhan bakteri di mulut, memecah plak pada gigi, dan menghilangkan kuman dan racun dari permukaan gusi. Ini mempromosikan gusi dan gigi yang lebih sehat, yang pada gilirannya mengurangi sensitivitas gigi. Itu juga dapat memutihkan dan mencerahkan gigi Anda dari waktu ke waktu. Yang dibutuhkan hanyalah satu sendok makan minyak kelapa leleh. Ini diayunkan di dalam mulut selama 20 detik dan dimuntahkan. Ikuti langkah ini dengan bilas air hangat dan Anda sedang dalam perjalanan menuju mulut yang lebih sehat.

7. Pernis dan Pelapis Gigi yang Mengontrol Sensitivitas

Ada sejumlah pernis dan pelapis lain yang bisa digunakan oleh dokter gigi untuk meredakan gigi sensitif. Pernis flouride dapat membantu mengurangi sensitivitas gigi. Penerapan flouride mengisi lubang kecil di enamel gigi yang dapat membuat gigi terkena perubahan suhu dan iritasi lainnya. Ada bonding agent lain dan pelapis sealant plastik yang bisa diaplikasikan untuk memperkuat enamel dan dentin. Dentin adalah jaringan tulang di bawah enamel. Tanyakan kepada dokter gigi Anda tentang opsi pelapisan untuk mengurangi sensitivitas pada gigi.

8. Meredakan Sakit Dengan Cengkeh

Cengkih dan minyak cengkeh bersifat anti-inflamasi, kuman, dan analgesik. Ini berarti mereka dapat mengurangi peradangan, pertumbuhan bakteri yang berlebihan, dan rasa sakit. Saat digunakan sebagai ekstrak yang dibubuhkan di mulut, cengkeh dapat memiliki efek mati rasa yang meredakan sensitivitas gigi. Sifat analgesik minyak cengkeh dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan mencampurnya dengan minyak esensial jeruk. Minyak esensial ini kuat dan harus selalu digunakan dalam jumlah kecil di pembawa lain seperti minyak kelapa atau alpukat.

 9. Hindari Makanan dan Minuman Bermasalah

Beberapa makanan dan minuman justru bisa memperburuk gigi sensitif. Ini harus dikonsumsi minimal atau dihindari sama sekali untuk mengurangi gigi sensitif. Makanan dan minuman asam seperti kopi, buah, acar, dan soda dapat meningkatkan sensitivitas gigi. Jika gigi sensitif Anda menjadi masalah saat Anda makan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengurangi atau menghilangkan makanan ini. Sebaiknya hindari juga makanan dan cairan yang sangat panas atau beku, karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada gigi.

 10. Gunakan Bawang Putih

Meskipun dapat menyebabkan nafas yang kuat saat digunakan, bawang putih mengandung senyawa berharga yang membantu menjaga kesehatan mulut yang baik. Salah satu senyawa yang ditemukan dalam jumlah tinggi dalam bawang putih adalah allicin yang bermanfaat . Allicin adalah senyawa antibakteri dan penghilang rasa sakit.

Karena allicin mengurangi bakteri dan meredakan rasa sakit, itu adalah obat alami yang bagus untuk gigi sensitif. Bawang putih dapat diiris dan dioleskan langsung ke gigi yang sakit, atau pasta dapat dibuat dengan menggabungkan satu siung bawang putih dengan beberapa tetes air dan setengah sendok teh garam. Pasta ini dioleskan langsung ke area sensitif. Baik bawang putih dan pasta harus dibiarkan di gigi selama sepuluh menit. Ini dapat diulang dua kali sehari selama diperlukan. 

Demikian beberapa pemahaman penting yang perlu Anda ketahui untuk mengatasi ngilu pada gigi sensitif, mulai dari penyebab, gejala, cara menghilangkan serta mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak video VDVC yang akan kami bagikan berikut ini. Pada video tersebut pakar kesehatan drg. Deni Ramdhani akan mengupas terkait cara mengusir ngilu pada gigi sensitif. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya