Ardhito Pramono Diciduk, Kenali Ciri Orang Kecanduan Ganja

Daun ganja.
Sumber :
  • The Texas Tribune

VIVA – Setelah artis Jefri Nichol diciduk penggunaan narkoba, kini pihak kepolisian kembali mengamankan artis berinisial AP. Dikonfirmasi bahwa inisial tersebut merujuk pada penyanyi sekaligus artis Ardhito Pramono yang dicokok terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

"Iya (Ardhito Pramono)," kata Kepala Bidang Humas Podla Metro Jaya Kombes Zulpan kepada wartawan, Rabu 12 Januari 2022.

Namun, belum dirinci terkait penangkapannya. Kata Kombes Zulpan, pelantun Bittersweet itu dicokok terkait penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Lantas, apa tanda kecanduan ganja? Berikut rangkumannya dari lamab Very Well Mind.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Kecanduan ganja terjadi ketika penggunaan narkoba oleh seseorang mengganggu aktivitas sehari-hari, hubungan, kemampuan untuk bekerja, dan/atau mereka tidak dapat berhenti menggunakan zat tersebut meskipun mereka ingin berhenti. Ini didefinisikan sebagai gangguan penggunaan ganja oleh edisi kelima Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders.

Kebanyakan orang yang menggunakan ganja tidak akan menjadi kecanduan. Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan bahwa sekitar satu dari setiap sepuluh orang yang menggunakan ganja akan menjadi kecanduan.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Apakah ganja adiktif?

Kecanduan ganja jarang terjadi dan hanya dapat didiagnosis pada kasus yang parah. Hanya sebagian kecil orang yang menggunakan ganja akan mengembangkan apa yang dikenal sebagai gangguan penggunaan ganja. Jumlahnya meningkat secara signifikan bagi mereka yang mulai menggunakan ganja di usia remaja, menurut Institut Nasional Penyalahgunaan Narkoba (NIDA).

Sulit berhenti

Salah satu tanda utama gangguan penggunaan ganja, menurut DSM, adalah keinginan yang kuat untuk menggunakan ganja. Dorongan seseorang mungkin begitu kuat, misalnya, sehingga mereka akan mengorbankan komitmen lain seperti pekerjaan atau sekolah untuk memperoleh dan menggunakan ganja.

Kehilangan minat dalam aktivitas

Seseorang yang kecanduan ganja akan memprioritaskan penggunaan narkoba di atas aspek kehidupan lainnya. Mereka kemungkinan akan mengurangi kegiatan yang sebelumnya membuat mereka senang atau menarik diri sama sekali.

Selain itu, ketergantungan ganja telah dikaitkan dengan kurangnya motivasi. Seseorang yang kecanduan mungkin tidak memiliki dorongan untuk terlibat dalam aktivitas, mengejar tujuan, atau memenuhi tanggung jawab, termasuk sekolah dan pekerjaan.

Gejala penarikan

Jika seseorang sering menggunakan mariyuana dan mengalami gejala putus obat setelah menghentikan obat, mereka dapat dianggap memiliki ketergantungan ganja. Gejala putus ganja biasanya ringan, memuncak dalam minggu pertama setelah berhenti, dan dapat berlangsung hingga dua minggu. Gejalanya meliputi mudah tersinggung, sulit tidur, penurunan nafsu makan, hingga kegelisahan?.

Peningkatan toleransi

Menurut DSM, toleransi terhadap obat terjadi ketika, dari waktu ke waktu, seseorang tidak dapat mencapai efek yang diinginkan atau "tinggi" dengan menggunakan jumlah obat yang sama. Mereka akan membutuhkan jumlah obat yang lebih besar untuk mencapai efek ini

Tanda kecanduan ganja adalah peningkatan toleransi. Dengan kata lain, semakin banyak seseorang menggunakan ganja, semakin banyak yang mereka perlukan karena tubuh mereka menjadi tidak peka terhadapnya.

Menggunakan meskipun konsekuensi negatif

Seseorang dengan kecanduan gulma mungkin menyadari bahwa penggunaan narkoba memengaruhi mereka secara fisik, mental, dan emosional. Studi telah menemukan bahwa beberapa konsekuensi ini meliputi:

Gangguan memori, Keterampilan motorik terganggu (peningkatan risiko cedera), paranoia, risiko tinggi psikosis, kerusakan kognitif (IQ lebih rendah), putus sekolah, ketidakmampuan untuk memenuhi komitmen kerja, dan ketidakstabilan keuangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya