6 Fakta Suksesnya Transplantasi Jantung Babi di Amerika Serikat

Operasi transplantasi pertama di dunia dari jantung babi
Sumber :
  • TheGuardian

VIVA – Beberapa hari ini, publik sempat dihebohkan dengan pemberitaan mengenai transplantasi jantung babi ke manusia. Dia adalah seorang pria yang berusia 57 tahun asal Amerika Serikat yang bernama David Bennett. Ia adalah orang pertama di dunia yang menerima transplantasi jantung babi tersebut. Menurut laporan dokter, tiga hari setelah operasi, kondisi Bennett sudah berangsur membaik. 

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Operasi ini dilaksanakan oleh tim dari University of Maryland Medicine. Transplantasi ini dipandang sebagai harapan terakhir guna menyelamatkan hidup Bennett, meski hal ini belum jelas bagaimana peluang jangka panjangnya untuk bertahan hidup. Bila transplantasi ini terbukti berhasil, para ilmuwan mengharapkan bahwa organ babi dapat membantu untuk meringankan kekurangan organ donor di dunia. Nah, berikut adalah ulasan mengenai transplantasi jantung babi ke manusia. 

Lalu, Apa Saja Fakta Transplantasi Jantung Babi ke Manusia?

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

1.  Transplantasi Jantung Babi Pertama di Dunia

Babi (Ilustrasi)

Photo :
  • antara/Satya Bati
Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Menyadur dari laman ABC news, dalam dunia medis, dokter mentransplantasikan jantung babi ke pasien manusia adalah yang pertama kali di dunia. Hal ini dilakukan sebagai upaya terakhir untuk menyelamatkan hidup David Bennett. Kemudian Rumah Sakit Maryland juga mengatakan pada bahwa pasien baik-baik saja setelah melewati operasi yang sangat eksperimental. 

2. Pilihan Terakhir Pasien

Ilustrasi jantung

Photo :
  • Times of India

Walaupun masih terlalu dini untuk mengetahui tindakan ini akan berhasil, tapi transplantasi jantung babi adalah langkah pencarian selama puluhan tahun untuk menggunakan organ hewan sebagai salah satu upaya menyelamatkan jiwa manusia. David Bennett tidak memiliki jaminan akan berhasil dan tidak memiliki pilihan lain sehingga keluarga menyetujui untuk melakukan hal tersebut. 

3. Akan Menjadi Terobosan Besar

Babi.

Photo :
  • theguardian.com

Dilansir dari BBC, ahli bedah Bartley P. Griffith menjelaskan bahwa operasi tersebut akan membawa dunia menuju satu langkah lebih dekat guna memecahkan krisis kekurangan organ tubuh manusia. Krisis ini berdasarkan fakta bahwa 17 orang setiap hari di Amerika meninggal dunia ketika menunggu transplantasi organ dan lebih dari 100 ribu orang dalam daftar tunggu. 

Memakai organ hewan untuk yang dinamakan xenotransplantasi untuk memenuhi permintaan pasien sudah lama dipertimbangkan di dunia kesehatan dan pemakaian katup babi sudah lazim dilakukan. Ekstperimen transplantasi jantung ini adalah eksperimen paling maju di bidang kesehatan sejauh ini. 

4. Sudah Pernah Dilakukan, Tapi Gagal

Ilustrasi ginjal.

Photo :
  • U-Report

Transplantasi ini sudah dilakukan pada Oktober 2021 kemarin, seorang ahli bedah di New York mengatakan bahwa mereka sudah berhasil mentransplantasikan ginjal babi ke dalam tubuh manusia. Akan tetapi, penerima transplantasi tersebut mengalami mati otak tanpa ada harapan untuk bisa sembuh. 

Sedangkan untuk Bennett masih berharap bahwa transplantasi yang dijalankan memungkinkan dirinya untuk melanjutkan hidup. Bennett selama enam minggu menjelang operasi terbaring di tempat tidur. Ia hanya bergantung pada mesin yang membuatnya tetap hidup setelah dinyatakan menderita penyakit jantung terminal. 

5. Sudah Dimodifikasi Secara Genetik

Ilustrasi Babi.

Photo :
  • Haaretz

Berdasarkan laman BBC, babi yang dipakai pada transplantasi tersebut sudah dilakukan proses modifikasi secara genetik. Hal ini guna melumpuhkan gen yang menghasilkan gula yang akan memicu proses kekebalan pada manusia. Griffith menjelaskan bahwa mereka melanjutkan prosedur dengan hati-hati dan terus memantau perkembangan Bennett. 

6. Kondisi David Bennett

Operasi transplantasi pertama di dunia dari jantung babi

Photo :
  • TheGuardian

Hari Senin, 10 Januari 2021, laman ABC news mengatakan bahwa Bennett bernapas sendiri ketika masih terhubung ke mesin jantung-paru guna membantu jantung barunya. Beberapa minggu ke depan ia akan mengalami masa kritis lantaran Bennett pulih dari operasi dan dokter dengan hati-hati akan terus memantau bagaimana kondisi jantung barunya tersebut.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya