Gatal Hingga Ada Benjolan di Miss V, Pertanda Apa?

Ilustrasi organ intim.
Ilustrasi organ intim.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Organ intim wanita sangat bervariasi, baik itu dalam bentuk dan ukuran yang tak akan pernah sama dengan orang lain. Miss V sendiri berfungsi dalam berbagai hal mulai dari sesi bercinta hingga menstruasi setiap bulannya.

Di sisi lain, ada beberapa tanda yang muncul pada Miss V yang rupanya menjadi gejala dari penyakit lain. Berikut ada lima tanda yang harus Anda perhatikan pada Miss V, yang mungkin berarti Anda perlu diperiksa ke dokter, dikutip dari laman The Sun, Jumat, 15 Januari 2022.

Sensasi terbakar atau gatal

ilustrasi organ intim/vagina.

ilustrasi organ intim/vagina.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Jika Anda mengalami sensasi terbakar atau gatal di bagian bawah, bisa jadi karena sesuatu yang sederhana seperti bubuk cucian yang Anda gunakan, atau kepekaan terhadap shower gel atau produk baru.

Gatal pada alat kelamin juga bisa disebabkan oleh mencukur atau mengoleskan krim atau larutan tertentu di bawahnya. Beberapa penyebab paling umum dari gatal-gatal termasuk infeksi jamur, kutu, eksim dan infeksi menular seksual.

Sebagian besar kondisi dapat diobati dengan obat bebas, tetapi jika Anda merasa terinfeksi, Anda harus menemui dokter atau praktisi perawatan kesehatan. Dr Suzy Elneil, konsultan di uroginekologi dan uroneurologi di University College Hospital, London mengatakan bahwa gatal dapat menjadi bagian dari masalah kulit umum, seperti eksim atau bisa menjadi tanda kondisi lain, seperti lichen sclerosus.