Jangan Anggap Enteng, Pentingnya Pengobatan untuk Penyakit Kronis

Ilustrasi Telemedis
Ilustrasi Telemedis
Sumber :
  • Lifepack

VIVA – Penyakit kronis atau biasa disebut penyakit menahun mengacu pada kondisi gangguan kesehatan manusia yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Penyakit kronis dipicu oleh berbagai hal dan sebagian besar dipicu oleh gaya hidup sedentari (sedentary lifestyle). 

Gaya hidup sedentari merupakan kebiasaan dalam kehidupan seseorang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik atau tidak banyak melakukan gerakan. Misalnya, kurang berolahraga, berbaring sambil melakukan kegiatan lain, duduk terlalu lama, dan sebagainya.

Munculnya penyakit kronis dapat terjadi secara tiba-tiba, tanpa disadari, dan akan bertambah parah seiring berjalannya waktu. Hal itu berbeda dengan penyakit akut, yakni seseorang menderita suatu penyakit dalam waktu relatif singkat, yaitu kurang dari 6 bulan.

Ilustrasi Apoteker

Ilustrasi Apoteker

Photo :
  • Lifepack

Adapun beberapa jenis penyakit kronis yang ada di sekitar kita, seperti hipertensi, diabetes, jantung, gagal ginjal kronis, kanker, dan masih banyak lagi. Penyakit kronis tentu saja akan mengubah kehidupan individu yang terdiagnosis karena akan mempengaruhi segala aspek kehidupannya.

Biasanya penderita penyakit kronis membutuhkan waktu lama untuk perawatan. Sebagian penyakit kronis juga kecil kemungkinan untuk disembuhkan sepenuhnya.

Mengutip data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) oleh Kementerian Kesehatan, Indonesia mengalami kenaikan jumlah prevalensi penyakit tidak menular dan menjadi penyebab kematian tertinggi setiap tahunnya, salah satunya karena penyakit kronis.