Suplemen Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh, Ini Saran Dokter

Ilustrasi obat/vitamin.
Ilustrasi obat/vitamin.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Pandemi COVID-19 membuat tingkat konsumsi suplemen vitamin di masyarakat meningkat. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan daya tahan tubuh demi melawan serangan virus.

Dokter sekaligus influencer dr. Nadia Alaydrus mengatakan, konsumsi suplemen multivitamin penting karena tubuh membutuhkan zat gizi baik makro maupun mikro. Asupan ini dibutuhkan terutama bagi mereka yang konsumsi sayur maupun buahnya kurang.

"Fungsi multivitamin untuk meningkatkan imunitas apalagi di era pandemi ini kita jangan sampai sakit. Untuk menjaga imunitas selain konsumsi makan bergizi seimbang, konsumsi suplemen vitamin atau mineral juga menjaga daya tahan tubuh," jelasnya dalam virtual press conference #AlamiHebatnya bersama Youvit Multivitamin, Selasa 25 Januari 2022.

Kenapa konsumsi multivitamin diperlukan? Alasannya, karena tubuh sebenarnya membutuhkan 13 macam vitamin. Di antara yang penting adalah vitamin A, B, C, D, E dan K. Jika hanya salah satu jenis vitamin saja yang dikonsumsi, maka kebutuhan vitamin lainnya tidak terpenuhi.

Ilustrasi vitamin/obat.

Ilustrasi vitamin/obat.

Photo :
  • Freepik/freepik

"Kalau kita kekurangan suplemen multivitamin imunitas menurun, produktivitas jadi menurun, gampang sakit," kata dr. Nadia.

Namun, dalam mengonsumsi vitamin penting juga untuk menjaga dosisnya agar sesuai yang dibutuhkan tubuh. Karena, kelebihan asupan vitamin bisa merusak fungsi ginjal dan hati.