5 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker!

Daun sirsak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Selain buahnya, ternyata daun sirsak juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat daun sirsak bisa menjadi alternatif untuk kesehatan dengan cara dijadikan sebagai minuman jika tidak mau langsung mengonsumsinya. Pamor dari daun sirsak sendiri juga naik karena dianggap mampu mencegah penyakit kanker. 

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Lantas, apa saja manfaat yang terkandung dalam daun sirsak untuk kesehatan tubuh? Pada kali ini akan dijelaskan apa saja manfaat yang terdapat dalam daun sirsak yang tentunya bermanfaat bagi tubuh dan mencegah hadirnya penyakit. Mengutip dari freshlyrootedtribe.com, berikut ini kumpulan manfaat dari daun sirsak. 

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III
Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Photo :
  • ist

Daun sirsak diketahui mengandung vitamin C yang tinggi sehingga bagus untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh. Selain itu, juga dapat membantu melawan patogen sekaligus melindungi kulit dari kerusakan oksidasi. Biasanya daun sirsak dijadikan sebagai teh sebagai cara lain agar tidak langsung mengonsumsinya. Teh dari daun bermanfaat untuk menangkal penyakit dan membuat tubuh terhindar dari virus dan bakteri. 

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

2. Meredakan Peradangan

Ilustrasi penderita penyakit jantung

Photo :
  • U-Report

Penyakit, stres dan peradangan bisa muncul karena disebabkan oleh radikal bebas. Sifat antioksidan yang ada pada daun sirsak tidak hanya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh saja tapi juga membantu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan kondisi kronis seperti asma, penyakit jantung diabetes, penyakit alzheimer dan radang sendi. Selain itu, daun sirsak juga bermanfaat untuk meredakan ketegangan dan kejang yang disebabkan oleh cedera saat berolahraga.

3. Melancarkan pencernaan

Ilustrasi masalah pencernaan saat ramadan.

Photo :
  • U-Report

Daun sirsak juga berpotensi dapat meredakan sembelit dan memperlambat pencernaan. Tak hanya itu daun sirsak yang dijadikan minuman juga dapat membantu kamu yang sedang diet karena akan mencegah kita untuk memakan makanan yang manis setelah meminumnya. Sehingga dapat membantu menjaga kadar gula dalam tubuh. Sifat antivirus dan anti-parasit yang terkandung juga dapat mencegah cacing usus dan parasit lain menyusup ke dalam saluran pencernaan. 

4. Membantu menstabilkan tekanan darah

ilustrasi tekanan darah tinggi

Photo :
  • U-Report

Tekanan darah dapat distabilkan dengan daun sirsak karena mengandung potasium dan zat besi yang melimpah. Sehingga dapat menurunkan tingkat tekanan darah yang tinggi. Sirkulasi darah dapat ditingkatkan dengan kalium dan detak jantung dan ketegangan yang normal dapat dibantu diatur dengan zat besi. 

5. Mencegah penyakit kanker

Ilustrasi penyakit kanker payudara

Photo :
  • U-Report

Banyak yang menganggap bahwa daun sirsak dapat mengobati, mencegah dan bahkan mungkin bisa menyembuhkan penyakit kanker. Berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak sirsak mengurangi ukuran tumor kanker payudara dan juga menghentikan pembentukan sel leukemia. Daun sirsak memang tidak diklaim dapat menyembuhkan kanker namun memiliki efek positif untuk mencegah penyakit kanker tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya