Pengobatan Sederhana untuk Infeksi Jamur Vagina

Ilustrasi vagina
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Infeksi jamur pada vagina disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur yang secara alami hidup di vagina, yang disebut Candida albicans. Pertumbuhan berlebih ini memicu iritasi, peradangan, gatal, dan keluarnya cairan yang menyakitkan. Kebanyakan wanita mengalami infeksi jamur kadang-kadang selama hidup mereka.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Jika ini adalah pertama kalinya Anda mengalami gejala infeksi jamur, kunjungi dokter kandungan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar mengalami infeksi jamur dan bukan hal lain.

Tetapi jika Anda mengalami infeksi jamur berulang, bicarakan dengan dokter tentang cara lain yang aman untuk mengobati infeksi jamur atau mungkin mencegah terulangnya kembali.

Deretan Negara Arab Ini ternyata Tolak Embargo ke Israel, Kok Bisa?

Beberapa pengobatan ini menggunakan bahan-bahan yang mungkin Anda miliki di rumah. Efektivitas mereka bervariasi, dan bukti keberhasilan mereka sebagian besar bersifat anekdot. Tentunya tetap dikombinasikan dengan perawatan dokter, terapi komplementer dapat memberikan sedikit kelegaan seperti dikutip dati healthline.

Minyak atsiri oregano

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Oregano biasa, atau Origanum marjoram, adalah yang biasanya ditemukan di bagian bumbu toko kelontong. Namun, minyak oregano yang digunakan untuk mengobati infeksi jamur bukanlah jenis yang sama.

Carilah minyak oregano yang terbuat dari oregano liar, atau Origanum vulgare.

Minyak oregano adalah pengencer darah alami, jadi jangan menggunakannya (didifusikan atau dioleskan) jika Anda menggunakan pengencer darah untuk kondisi kesehatan lain. Selain itu, jangan menggunakannya jika Anda memiliki masalah pembekuan darah, seperti karena kekurangan vitamin K.

Minyak kelapa

Minyak kelapa

Photo :
  • U-Report

Minyak kelapa adalah minyak lemak yang berasal dari daging buah kelapa. Minyak ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sifat antijamur.

Studi menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif melawan C. albicans, menjadikan pengobatan rumahan ini salah satu dari sedikit bukti kuat bahwa itu benar-benar bekerja.

Untuk mengobati infeksi jamur vagina menggunakan minyak kelapa, pastikan untuk membeli minyak kelapa organik murni. Anda dapat mengoleskan minyak langsung ke area yang terkena.

Vitamin C

Vitamin C.

Photo :
  • U-Report

Vitamin C adalah penguat sistem kekebalan tubuh dan juga memiliki peran dalam kesehatan kulit. Sistem kekebalan yang kuat memungkinkan tubuh Anda untuk mengembalikan keseimbangannya.

Vitamin C, juga disebut asam askorbat, memiliki komponen antimikroba, sehingga beberapa orang menambahkannya ke dalam makanan mereka untuk mengobati pertumbuhan berlebih Candida.

Coba tingkatkan asupan vitamin C Anda untuk meningkatkan kemampuan tubuh Anda melawan infeksi jamur. Jangan mengoleskan vitamin C asam ke jaringan vagina yang sensitif.

Bawang putih

Bawang putih untuk obat.

Photo :
  • vstory

Dalam sebuah studi pada 2005, bawang putih terbukti menjadi pembunuh Candida yang efektif. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, penelitian dari tahun 2019 meneliti efek penggunaan larutan bawang putih pada luka di mulut dan menemukan bahwa itu efektif dalam menghambat pertumbuhan Candida. Namun, itu tidak seefektif menggunakan nistatin (Nystop), obat antijamur.

Jika Anda ingin mencoba bawang putih untuk mengobati infeksi jamur, tambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam makanan. 

Beberapa situs web merekomendasikan memasukkan bawang putih ke dalam vagina, tetapi luka bakar dan rasa sakit yang signifikan telah dilaporkan. Jadi lebih baik menambahkan bawang putih saja ke makanan sebagai gantinya.

Asam borat

Asam borat adalah antiseptik kuat yang menurut beberapa orang berguna untuk mengobati infeksi jamur yang resisten terhadap pengobatan lain. Supositoria vagina asam borat dapat digunakan dengan obat-obatan untuk mengobati infeksi vagina.

Asam borat jadi beracun jika digunakan dalam jumlah besar. Ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal, kegagalan akut sistem peredaran darah, atau kematian jika Anda menyerap terlalu banyak. Jangan gunakan asam borat pada kulit yang rusak, dan jangan diminum secara oral.

Jika Anda hamil, jangan gunakan asam borat dalam bentuk apa pun. Jika Anda memiliki kulit sensitif, ini mungkin bukan pilihan yang baik. Hentikan penggunaan jika mulai tidak nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya