5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami

ilustrasi gigi.
Sumber :
  • pixabay/pexels

VIVA – Sakit gigi itu memang sangat menyiksa, tapi pilihan yang tepat jika anda merasa sakit gigi harus langsung datang ke Dokter Gigi, akan tetapi sebelum anda datang ke Dokter gigi, untuk mengurangi rasa sakit gigi, anda bisa menggunakan cara yang alami yang ada di rumah.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Cara lain ini dapat meredakan rasa nyeri di gigi sebelum Anda pergi ke dokter gigi. Berikut berbagai cara mengobati sakit gigi yang bisa Anda lakukan di rumah.

Penyebab sakit gigi itu ada beberapa hal, dari mulai gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi, gigi tumbuh, atau peradangan jaringan gusi pada gigi geraham kalau bahasa kedokterannya disebut peritonitis.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Berikut beberapa yang bisa anda gunakan untuk meredam rasa sakit gigi secara alami, seperti dikutip dari HelloSehat, Jumat, 11 Februari 2022 sebagai berikut:

1. Garam

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Ilustrasi garam epsom.

Photo :
  • Pixabay

Berkumur dengan air garam merupakan langkah pertama untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi, sebelum anda berangkat ke rumah sakit, dengan berkumur setidaknya bisa melepaskan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Sementara larutan garam dapat menaikan keseimbangan PH dalam mulut. Selain itu, menciptakan lingkungan beralkali yang membuat bakteri susah untuk hidup.

2. Cengkeh

Cengkeh untuk obati encok.

Photo :
  • U-Report

Sebuah penelitian dari Journal of Dentistry melaporkan terdapat 78-95% senyawa eugenol dalam cengkeh dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Dokter gigi juga menggunakan perawatan eugenol untuk meredakan nyeri pada gigi atau gusi.

Berdasarkan hal tersebut, banyak yang menggunakan cengkeh untuk membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

3. Daun Jambu

Daun jambu biji.

Photo :
  • U-Report

Daun jambu yang memiliki sifat anti radang, antimikroba dan sekaligus pereda nyeri yang biasa anda gunakan untuk menahan sakit gigi, merangkum berbagai penelitian, daun ini dilaporkan membantu meredakan rasa nyeri pada gigi dan peradangan akibat penyakit periodontitis. Dua penelitian berbeda dari Filipina dan Kamerun juga membuktikan daun jambu merah ampuh untuk mengobati sariawan.

4. Bawang Putih

Viral Bawang Putih Untuk Obat

Photo :
  • vstory

Bawang putih bekerja meredakan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi, bawang putih juga sudah digunakan dari ributan tahun untuk pengobatan sakit gigi

Memanfaatkan bawang putih sebagai cara mengobati sakit gigi tradisional sangat mudah. Anda bisa mengunyah bawang putih mentah selama beberapa menit di sisi mulut dan di bagian gigi yang sakit.

5. Kunyit

Gambar Kunyit

Photo :
  • U-Report

Senyawa curcumin dalam kunyit diketahui efektif untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangannya. Untuk menjaga kesehatan mulut dan mengobati gigi ngilu, Anda bisa mengolah kunyit dengan dua cara.

Pertama, parut setengah ruas kunyit dan letakan pada gigi yang bermasalah selama beberapa menit. Kedua, Anda bisa mengolah kunyit menjadi pasta gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya