Ini Hal Terpenting untuk Menunjang Keberhasilan Terapi Kanker

Ilustrasi kanker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Penderita kanker umumnya mengalami berbagai masalah emosional dan mental setelah mendapatkan vonis menderita kanker. Hal itu turut diungkapkan oleh Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP. 

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

"Orang yang terdiagnosa kanker sangat umum mengalami masalah emosional dan mental seperti depresi, gangguan stres pascatrauma, gangguan kecemasan umum, serta gangguan emosional yang parah," ujarnya saat Media Gathering World Cancer Day 2022, yang digelar Kalbe Farma dan Nutrican, Minggu 20 Februari 2022. 

Prof. Aru juga menyatakan, peran caregiver sangat penting dalam memberikan dukungan mental dan emosional kepada para pejuang kanker.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

"Caregiver memiliki peran besar dalam membantu pasien kanker membangun kepercayaan diri agar bisa menjalani perawatan secara maksimal dan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik," kata dia. 

Menurutnya, dukungan emosional yang kuat dan hubungan cinta dengan pasangan, teman, serta keluarga dapat memberikan dampak positif dalam hidup para pejuang kanker. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya deteksi dini sebagai upaya untuk menurunkan serta mengendalikan faktor risiko kanker.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Presenter sekaligus survivor dan pemerhati kanker, Shahnaz Haque, pun menyatakan hal yang sama. Menurut dia, dukungan keluarga dan orang terdekat sangat penting untuk mendukung keadaan mental dan emosional pejuang kanker.

"Saat saya divonis mengidap kanker, dunia serasa berhenti dan saya tidak semangat untuk melakukan apapun. Di sinilah pentingnya kehadiran orang-orang terdekat yaitu untuk menumbuhkan semangat untuk terus sehat. Membangun kekuatan mental dan emosional tidaklah mudah dan tidak bisa dilakukan sendiri," tutur Shahnaz. 

Kebutuhan pasien kanker akan nutrisi yang tepat

Pemenuhan nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang dapat menunjang keberhasilan terapi kanker. Di mana nutrisi yang optimal dapat menghambat terjadinya penurunan berat badan dan infeksi lebih lanjut.

Makanan sumber asam lemak omega-3.

Photo :
  • U-Report

Medical Nutritionist PT. Kalbe Farma Tbk, dr. Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi., mengatakan, penting bagi pejuang kanker untuk mencukupi kebutuhan kalori, protein, omega-3, serta vitamin untuk mencegah komplikasi dari pengobatan kanker, sekaligus mendukung daya tahan tubuh dalam menjalani perawatan dan pengobatan kanker. 

"Terapi kanker umumnya membuat pejuang kanker sulit untuk makan akibat sariawan atau masalah lain, misalnya terkait kesehatan mental dan emosional seperti disebutkan di atas," tuturnya. 

Dedyanto menambahkan, peran pendamping menjadi semakin penting untuk menjaga kesehatan mental dan emosional pejuang kanker, termasuk meyakinkan mereka untuk tetap menjaga asupan nutrisi yang tepat. 

"Kesulitan mengonsumsi nutrisi padat bisa diganti dengan nutrisi cair sebagai pelengkap maupun pengganti sebelum, selama, maupun sesudah menjalani terapi, misalnya dengan mengonsumsi Nutrican," kata dr. Dedyanto Henky Saputra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya