Terungkap, Penyebab Pria Lebih Rentan Alami Perut Buncit

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA – Jika diperhatikan, kaum Adam lebih banyak mengalami perut buncit dibanding wanita. Apalagi, pria-pria paruh baya yang biasanya memiliki lingkar perut jauh dari kata ideal. Lalu, benarkah pria lebih rentan mengalami perut buncit? 

Pengakuan Pelaku Bunuh Wanita MiChat di Bali

Spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti Dwi Permanasari, M.Gizi, Sp.GK, membenarkan anggapan tersebut. Faktanya, kaum pria memang lebih rentan mengalami perut buncit dibanding wanita. Apa alasannya? 

"Secara umum persentase lemak pada wanita lebih banyak dibandingkan pada pria. Namum pada pria penyebaran atau distribusi lemak lebih banyak disimpan di bawah perut dibandingkan pada wanita," katanya di acara Hidup Sehat tvOne, Rabu 23 Februari 2022. 

Semangat Kartini, Kesetaraan dan Pemberdayaan Perempuan Terus Didorong

Lalu, bagaimana dengan wanita?  

"Pada wanita penyebaran lemak lebih banyak disimpan pada lengan, paha atau daerah bokong," ungkap dia.

Terpopuler: Tukang Parkir Naik Haji, Jasad Dalam Koper di Bali hingga Mahasiswa STIP Tewas

Nah, untuk mengetahui apakah lingkar perut atau pinggang kita tergolong ideal atau tidak, dokter Putri memberikan tips bagaimana cara mudah untuk mengukurnya. 

Perut buncit.

Photo :
  • U-Report

"Kita dapat mengukur sendiri di rumah dengan cara yang sangat mudah. Anda bisa menggunakan pita ukur, kemudian letakkan pita ukur tersebut di atas pusar melingkari perut. Kemudian Anda lihat berapa angka yang tertera pada pita ukur," paparnya. 

Referensi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan bahwa lingkar perut ideal pada wanita adalah 80 cm dan pada pria 90 cm. Bagaimana jika melebihi angka ideal? 

"Apabila angka pada pita ukur menunjukkan lebih dari 80 cm pada wanita dan 90 cm pada pria, maka Anda perlu waspada akan terjadinya penumpukan lemak-lemak di bawah perut," tutur dr. Putri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya