Kenali Tanda Awal dan Gejala Rheumatoid Arthritis, Bukan karena Usia

Rheumatoid Arthritis
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Menurut Riskesdas (2018) jumlah penderita rheumatoid arthritis di Indonesia mencapai 7,30 persen. Central of Disease Control (CDC) Amerika Serikat  mendefinisikan rheumatoid arthritis sebagai penyakit autoimun dan peradangan.  

6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal

Artinya bahwa sistem kekebalan Anda menyerang sel-sel sehat di tubuh secara tidak sengaja, menyebabkan peradangan (pembengkakan yang menyakitkan) di bagian tubuh yang terkena.

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun dan inflamasi. Dalam hal ini, sistem kekebalan tubuh sendiri menyerang sel-sel sehatnya sehingga menyebabkan peradangan. Efeknya biasanya terlihat pada persendian. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Menurut CDC, rheumatoid arthritis umumnya memengaruhi sendi di tangan, pergelangan tangan, dan lutut. Pada sendi dengan RA, lapisan sendi menjadi meradang, menyebabkan kerusakan jaringan sendi. Kerusakan jaringan ini dapat menyebabkan jangka panjang atau kronis rasa sakit, ketidakstabilan (kekurangan keseimbangan), dan deformitas (ketidakberaturan).

Nyeri di siku

Photo :
  • Times of India
Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Tidak mudah untuk menemukan tanda-tanda radang sendi di dalam tubuh karena tanda-tanda ini muncul sangat lambat. Para ahli di Johns Hopkins Arthritis Center mengatakan kasus khas rheumatoid arthritis dimulai secara diam-diam, dengan perkembangan tanda dan gejala yang lambat selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. 

Seringkali pasien pertama kali merasakan kekakuan pada satu atau lebih sendi, biasanya disertai dengan rasa sakit saat bergerak dan dengan kelembutan di persendian, demikian dilansir dari Times of India.

?Apakah ini terkait dengan usia?

Tidak. Rheumatoid arthritis tidak berhubungan dengan usia. Hanya satu jenis radang sendi, Osteoarthritis, yang dikaitkan dengan usia. Dalam hal ini tulang rawan sendi menjadi rusak. Hal ini menyebabkan kerusakan kesehatan tulang dan jaringan yang menempelkan otot ke tulang dan menyatukan sendi.

Ada beberapa gejala yang terkait dengan rheumatoid arthritis seperti: kelelahan, nyeri sendi, nyeri sendi, pembengkakan sendi, kemerahan sendi, kehangatan sendi, kekakuan sendi, hilangnya rentang gerak sendi, banyak sendi yang terkena (poliarthritis), pincang, kelainan bentuk sendi, kedua sisi tubuh yang terkena (simetris), kehilangan fungsi sendi, anemia, demam, dan depresi. Di antaranya yang paling umum adalah nyeri sendi, pembengkakan sendi, kelelahan, dan demam.

Nyeri sendi pada rheumatoid arthritis

Jari tangan

Photo :
  • Times of India

Nyeri atau nyeri sendi yang berlangsung selama lebih dari enam minggu dikatakan sebagai tanda rheumatoid arthritis. Para ahli mengatakan biasanya sendi kecil terpengaruh terlebih dahulu dan secara bertahap sendi yang sama di kedua sisi tubuh terpengaruh.

Tanda yang terlihat dari rheumatoid arthritis adalah kekakuan pagi hari selama lebih dari 30 menit menurut ahli reumatologi. Hal ini terjadi karena pada malam hari, tubuh mengeluarkan zat kimia anti inflamasi untuk meredakan nyeri dan kekakuan sendi, namun pada pagi hari tubuh tidak mampu lagi melawan zat kimia penyebab peradangan, sehingga terbangun dengan rasa pegal dan nyeri. sendi.

Pembengkakan sendi pada rheumatoid arthritis

Nyeri tulang punggung

Photo :
  • Times of India

Pembengkakan sendi proksimal interphalangeal (PIP) dan metacarpophalangeal (MCP) pada tangan biasanya merupakan temuan awal, kata para ahli di John Hopkins Arthritis Center. Terkadang sendi yang meradang akan terasa hangat saat disentuh, tambah mereka.

"Peradangan, deformitas struktural, atau keduanya dapat membatasi rentang gerak sendi. Seiring waktu, beberapa pasien dengan RA mengalami deformitas di tangan atau kaki," kata mereka.

Demam pada rheumatoid arthritis

Akibat peradangan pada persendian, tubuh mengalami demam rendah. Demam rendah selalu merupakan tanda peradangan. Itu selalu menjadi kondisi yang mendasari sebagian besar kondisi inflamasi dan autoimun seperti rheumatoid arthritis.
Para ahli mengatakan demam pada rheumatoid arthritis dapat berkisar antara 100-102F.

Kelelahan pada rheumatoid arthritis

Peradangan dapat menyebabkan kelemahan fisik secara keseluruhan, kantuk dan kelelahan. Kelelahan tidak harus bingung dengan kelelahan. Dalam kelelahan tubuh merasa benar-benar kehabisan energi. Ini meningkatkan kebutuhan untuk tidur dan mengurangi daya konsentrasi tubuh. Banyak orang menggambarkan kelelahan sebagai sesuatu yang tidak dapat dikendalikan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya