Stres WFH, Beres-beres Rumah Bisa Jadi Healing Sederhana

Ilustrasi membersihkan rumah
Sumber :
  • Pixabay/ klimkin

VIVA – Pandemi yang telah mengubah cara bekerja sebagian besar pekerja, dari yang datang ke kantor menjadi bekerja di rumah atau work from home (WFH), ternyata menimbulkan masalah baru. Salah satunya adalah burnout yang dialami karyawan.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Sebabnya, saat bekerja di rumah, karyawan tak hanya dihadapkan dengan tanggung jawab pekerjaannya, tapi juga harus menghadapi pasangan dan anak dalam rentang waktu yang lebih panjang.

Karena itulah, penting untuk memisahkan ruang tersendiri bagi pekerja di rumah agar aktivitas antara bekerja dengan aktivitas harian di rumah terpisahkan. Menurut psikolog  Indah Sundari, M.Psi, Sebuah ruangan atau sudut-sudut dalam rumah dapat memiliki banyak dampak pada bagaimana seseorang bertindak dan apa yang mereka rasakan mulai dari menghadirkan sisi kehangatan, keamanan, kedamaian hingga dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Hari Pertama Masuk Usai Cuti Lebaran, Wali Kota Depok Sebut Kehadiran ASN Capai 90 Persen

"Gak harus satu ruangan yang ada pintunya, satu sudut atau pojokan tertentu bisa jadi working set, berdampak psikologis cukup positif saat WFH," ujar Indah saat konferensi pers virtual kampanye Dekoruma #SatuSudutDulu belum lama ini.

Dengan menciptakan satu sudut khusus tersebut, maka pasangan atau anak akan memahami bahwa ketika Anda berada di ruang itu artinya Anda sedang bekerja dan tidak boleh diganggu.

Puluhan ASN di Tangerang Terapkan WFH Usai Terjebak Macet Arus Balik Lebaran

Membuat ruangan tersendiri untuk bekerja juga bisa menghindari Anda dari keluhan masalah tulang punggung. Keluhan ini, menurut Indah, banyak dihadapi pekerja ketika awal diberlakukan WFH karena mereka memanfaatkan tempat tidur atau sofa untuk bekerja.

Ilustrasi bekerja

Photo :
  • Pixabay

Jika sudah menentukan satu sudut tertentu untuk dijadikan tempat bekerja, langkah selanjutnya adalah membuat sudut tersebut nyaman. Caranya adalah dengan membuat dekorasi yang membuat lebih nyaman saat bekerja.

Indah mengatakan, pemilihan warna tertentu bisa mempengaruhi psikologis seseorang untuk bisa duduk lama di satu ruangan.

"Seperti di kafe tertentu kita nyaman duduk lama padahal harganya cenderung agak mahal, atau ada tokok yang orang tadinya gak niat beli jadi belanja karena ada permainan psikologis. Begitu juga di rumah," kata dia.

Untuk menciptakan suasana yang lebih tenang, Indah menyarankan untuk memilih warna cokelat atau abu-abu. Selain itu, tambahkan warna hijau di sekitar kita untuk memberikan dampak lebih segar ke diri sendiri.

"Jadi lebih positif karena kita bisa hampir 24 jam di dirumah kasih, kalau kita nge-set satu sudut bisa jadi healing juga," lanjutnya.

Tak hanya itu, Indah menambahkan, mendekorasi ruangan, membereskan rumah seperti bersih-bersih juga merupakan kegiatan healing yang sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Ini pun akan berdampak baik untuk kesehatan mental Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya