Bikin Kolesterol Tinggi, Ahli Peringatkan Hindari 4 Makanan Ini

Ilustrasi kolesterol.
Sumber :
  • Freepik/brgfx

VIVA – Salah satu komplikasi kesehatan yang terkait langsung dengan pola makan yang buruk adalah kolesterol tinggi. Di mana peningkatan kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan, secara global, sepertiga penyakit jantung iskemik disebabkan oleh kolesterol tinggi

"Peningkatan kolesterol total merupakan penyebab utama beban penyakit di negara maju dan berkembang sebagai faktor risiko iskemik. Penyakit jantung dan stroke. Pada 2008, prevalensi global peningkatan kolesterol total di antara orang dewasa adalah 39 persen (37 persen pria dan 40 persen wanita)," kata WHO dilansir Times of India, Kamis 17 Maret 2022. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Untuk mengurangi risiko komplikasi terkait jantung karena kolesterol tinggi, seseorang perlu berhenti mengonsumsi beberapa makanan. Apa saja? Berikut daftar makanan yang wajib dihindari untuk mencegah kolesterol tinggi, menurut Harvard Medical School. 

Ilustrasi kolesterol tinggi

Photo :
  • Times of India
5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Daging merah
Daging merah mengandung kolesterol tinggi. Daging sapi, babi, dan daging domba, umumnya tinggi lemak jenuh. Potongan daging dalam hamburger, iga, daging babi dan daging panggang, adalah yang paling tinggi kandungan lemaknya. 

Tidak perlu menghindarinya sama sekali, kita diperbolehkan mengonsumsinya sesekali saja. Pilihlah potongan yang lebih ramping, seperti sirloin, pinggang babi, atau filet mignon. Akan lebih baik lagi, jika mengganti daging dengan protein yang lebih rendah lemak jenuh dan kolesterol, seperti ayam tanpa kulit, dada kalkun dan ikan. Demikian menurut para ahli di Harvard Medical School. 

Daging olahan
Para ahli memperingatkan konsumsi daging olahan, terutama bagi penderita kolesterol tinggi. Daging olahan sering menggunakan potongan daging berlemak dan karenanya memiliki kadar kolesterol dan lemak jenuh yang sangat tinggi yang berbahaya bagi kesehatan jantung mereka yang sudah memiliki kolesterol tinggi. 

Meskipun para ahli menyarankan beberapa alternatif yang lebih sehat dari daging olahan, namun itu juga tidak bebas dari kolesterol. 

Daging Olahan.

Photo :
  • U-Report

Makanan yang dipanggang
Cake, kue kering atau makanan hidangan penutup lain yang dipanggang juga tidak direkomendasikan. Para ahli mengatakan, konsumsi tinggi mentega dan gula, tidak baik untuk tubuh terutama bagi mereka yang sudah memiliki kolesterol tinggi dalam darah. 

Makanan yang digoreng
Banyak orang tidak bisa berhenti mengonsumsi gorengan yang renyah. Padahal menurut para ahli, makanan yang digoreng dapat meningkatkan kepadatan energi atau jumlah kalori makanan. Ahli menyarankan untuk menggunakan air fryer atau minyak yang sehat untuk menggoreng makanan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya