Viral Kentut Bisa Bantu Bakar Lemak, Benarkah?

Ilustrasi orang kentut
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Baru-baru ini beredar berita di internet bahwa kentut bisa membakar hingga 67 kalori sekaligus. Hal itu berarti, jika kamu kentut 52 kali dalam sehari, kamu sudah bisa membakar hingga 500 gram lemak hanya dalam sehari. Kedengarannya menarik, bukan?

Aktris Claudia Kim Rela Naik Berat Badan sampai 100 Kg Demi Perannya di The Atypical Family

Namun, jika kamu berpikir untuk mencobanya, sebaiknya jangan melakukannya. Sebab, klaim populer yang menyatakan kentut dapat membantu membakar kalori, sama sekali tidak benar. 

Dilansir Times of India, Jumat 18 Maret 2022, menurut sains, kentut adalah aktivitas pasif dan tidak akan membantu membakar kalori dalam jumlah berapa pun. 

Ngaku Dikekang Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Gue Turun Berat Badan Sampai 5 Kg

Kentut disebut sebagai proses keluarnya gas usus yang berlebih. Ketika ada gas berlebih di perut atau usus, dapat menyebabkan kembung atau flatus. Gas keluar dari tubuh melalui anus dan prosesnya dikenal sebagai kentut. 

Ilustrasi sulit kentut.

Photo :
  • Pixabay/pexels
Tips Gaya Hidup Sehat ala Puteri Indonesia Pertama Indira Sudiro, Bisa Jaga Berat Badan Ideal

Kentut bisa mengandung sedikit belerang, itulah sebabnya kentut bisa berbau. Hasil studi menunjukkan, rata-rata orang mengeluarkan sekitar 200 mililiter gas per hari melalui 10-20 kentut. 

Penyebab kentut

Kamu akan mengeluarkan kentut setelah menelan banyak udara saat makan, atau ketika kita mengonsumsi makanan yang mengandung gas. 

Kentut juga bisa disebabkan oleh penumpukan bakteri di usus besar, yang terus-menerus bekerja untuk memecah makanan. Ketika gas yang dibentuk oleh bakteri tidak keluar dari usus melalui sendawa, ia bergerak keluar dalam bentuk kentut. 

Ketika seseorang kentut, otot usus akan mengendur dan tekanan di usus akan mendorong gas keluar tanpa usaha. Ini merupakan proses pasif, yang dipastikan tidak akan dapat membantu membakar kalori. 

Kentut bisa membakar kalori jika kamu sampai mengejan ketika melakukannya. 

Tetapi, melakukan hal itu hanya akan membantu kamu membakar lemak dalam jumlah yang sangat sedikit, dan tidak akan berpengaruh pada berat badanmu. Selain itu, kentut yang dipaksakan bukanlah hal yang sehat untuk dilakukan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya