Bagus untuk Insulin, Teh Ini Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

Ilustrasi diabetes/gula darah.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Penyebab pasien diabetes mengalami peningkatan kadar gula dalam darah, berasal dari masalah produksi insulin. Orang dengan diabetes tipe 2 tidak memproduksi cukup insulin atau insulin mereka tidak efektif. 

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Kabar baiknya, menurut sebuah penelitian, menurunkan kadar gula darah bisa dilakukan hanya dengan menyeruput secangkir teh. Lalu, jenis teh apa yang dimaksud?

Diabetes menggambarkan kondisi seumur hidup yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Diagnosis ini bahkan bisa bertambah buruk dan berkembang menjadi masalah kesehatan lainnya, mulai dari penyakit jantung hingga kerusakan saraf, jika tidak ditangani. 

Disfungsi Ereksi Bukan Cuma Masalah Pria Tua! Kenali 5 Faktor Pemicunya di Usia 20-an

Berbeda dengan diabetes tipe 1, mereka yang menderita diabetes tipe 2 dapat dapat dibantu dengan pola makan yang sehat. Salah satu minuman yang dapat membantu penurunan glukosa darah adalah teh chamomile. 

Teh chamomile.

Photo :
  • U-Report
783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Dokter Tim Bond dari Tea Advisory Panel mengatakan, teh chamomile dapat menurunkan gula darah dengan memberikan dampak positif pada metabolisme insulin. 

"Penelitian telah menunjukkan bahwa teh chamomile mengurangi (yang merupakan kadar glukosa darah rata-rata Anda selama dua hingga tiga bulan terakhir) dan mengurangi resistensi insulin," kata dia, dikutip dari laman Express, Sabtu 19 Maret 2022. 

Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel di otot, lemak, dan hati, tidak merespons insulin dengan baik, sehingga tidak dapat dengan mudah mengambil glukosa dari darah. 

"Resistensi insulin menyebabkan glukosa darah meningkat, sehingga menurunkan resistensi insulin yang bermanfaat untuk menurunkan glukosa darah," catat ahli tersebut. 

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Menurutnya, teh chamomile juga dapat menurunkan gula darah dengan meningkatkan penggunaan glukosa di otot. 

"Karenanya (dapat) mengeluarkan glukosa dari darah, dan dapat mengurangi peradangan karena penanda inflamasi dikaitkan dengan resistensi insulin," tuturnya. 

Bagian ampuh dari teh herbal ini adalah senyawa antioksidan yang disebut apigenin dan chamazulene. Senyawa-senyawa tersebut menawarkan efek anti inflamasi. Lalu, berapa banyak teh chamomile yang harus diminum?

Studi yang menunjukkan manfaat ini telah menggunakan 3 gram teh chamomile dalam 150 mililiter air panas, diminum tiga kali sehari," ucap dokter Bond. 

Karena umumnya teh chamomile sudah disajikan dalam bentuk kantong teh, ahli merekomendasikan untuk minum sekitar 2-3 cangkir setiap hari. Efeknya akan terlihat dalam beberapa minggu. 

"Studi umumnya berlangsung selama 8 minggu dan menemukan kadar glukosa darah yang lebih rendah pada akhirnya," kata ahli tersebut. 

Untuk mendapatkan manfaat anti diabetes ini, yang perlu kamu lakukan hanyalah mencelupkan kantong teh chamomile ke dalam air panas selama 5 menit atau menggunakan 1 sendok teh daun teh chamomile. Setelah itu, nikmati. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya