Hasilkan Energi, Segini Jumlah Vitamin B12 yang Harus Dikonsumsi

Vitamin B12
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Vitamin B12 juga dikenal sebagai cobalamin, adalah salah satu dari delapan vitamin B yang dibutuhkan tubuh kita untuk mengubah makanan menjadi bahan bakar. Selain membantu tubuh menghasilkan energi dari karbohidrat, vitamin B kompleks ini juga membantu organ dalam menggunakan lemak dan protein. 

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Meskipun Vitamin B12 adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, sebagian besar populasi di seluruh dunia menderita kekurangan nutrisi ini. Peran paling penting dari Vitamin B12 adalah untuk menjaga kesehatan sel darah dan saraf.

Nutrisi berperan dalam membuat DNA dan materi genetik di semua sel Anda. Hal ini juga diperlukan untuk mencegah anemia megaloblastik, di mana sumsum tulang menghasilkan sel darah merah yang tidak matang secara struktural. 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Asupan vitamin B12 yang cukup diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Ketika tubuh kekurangan nutrisi penting ini, risiko osteoporosis meningkat berlipat ganda. 

Tidak hanya kesehatan fisik Anda, tetapi kekurangan vitamin ini juga dapat memengaruhi suasana hati Anda dan memperburuk gejala depresi. Selain itu, nutrisi ini diperlukan untuk meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku, demikian dikutip dari Times of India.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air yang berjalan melalui aliran darah setelah larut dalam air. Dalam kasus umum, tubuh kita tidak menyimpan vitamin yang larut dalam air. 

Setelah kebutuhannya terpenuhi semua nutrisi tambahan meninggalkan tubuh melalui urin. Dalam kasus Vitamin B12, tubuh dapat menyimpan sejumlah nutrisi selama beberapa tahun.

Menurut Institut Kesehatan Nasional AS, tunjangan diet yang direkomendasikan untuk Vitamin B 12 bervariasi dari usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Wanita hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak nutrisi daripada yang lain. RDI sesuai usia terlihat seperti ini:

0-6 bulan- 0.4mcg per hari

7-12 bulan- 0.5mcg per hari

1-3 tahun - 0.9mcg per hari

4-8 tahun -1.2mcg per hari

9-13 tahun -1,8 mcg per hari

14-50 tahun- 2.4mcg per hari

Wanita hamil - 2.6mcg per hari

Wanita menyusui -2.8mcg per hari

Siapa yang berisiko kekurangan B12

Sebagian besar vegetarian dan vegan berisiko menderita kekurangan vitamin B12 karena produk makanan nabati tidak mengandung nutrisi ini. Sumber alami vitamin B12 sebagian besar adalah makanan hewani. Untuk vegetarian, satu-satunya cara untuk meningkatkan asupan nutrisi ini adalah dengan mengonsumsi makanan atau suplemen yang diperkaya. 

Selain vegetarian dan vegan, mereka yang memiliki kebiasaan makan yang buruk, mereka yang mengikuti diet mode dan mereka yang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang menyulitkan mereka untuk menyerap nutrisi ini berisiko menderita kekurangan vitamin B12.

Sumber Vitamin B12

Untuk meningkatkan asupan nutrisi ini, pertama-tama cobalah untuk memasukkan makanan alami yang kaya akan Vitamin B12. Jika kebutuhan sehari-hari tidak dipenuhi oleh makanan, Anda dapat memilih suplemen setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Berikut adalah beberapa sumber umum Vitamin B 12:

Susu

Sereal yang diperkaya

Telur

Yogurt

Ikan salmon

tuna

Daging sapi

Hati dan ginjal

Remis

Jamur

Makanan fermentasi

Ragi nutrisi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya