5 Cara Menebalkan Rambut dengan Bahan-bahan Alami, Dijamin Ampuh

Cara menebalkan rambut
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara menebalkan rambut mungkin menjadi salah satu yang paling banyak dicari, apalagi bagi mereka yang memiliki rambut tipis. Rambut tipis atau menipis adalah hal biasa dan dapat dialami oleh siapa saja. Ada banyak faktor yang menyebabkannya, misalnya seperti penuaan, alergi bahan kimia, penyakit dan gizi yang buruk. Sehingga cara menebalkan rambut dibutuhkan dalam hal ini. 

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Pada kali ini akan diberikan sejumlah cara alami yang dapat membantu untuk membuat rambut terlihat dan terasa lebih tebal. Bahkah dapat dilakukan dengan mudah dan dilakukan sendiri di rumah. Meskipun tidak ada cara untuk mengubah tekstur folikel rambut, namun ada banyak cara untuk membuat rambut menjadi tampak lebih tebal dan sekaligus mengurangi kerusakan dan kerontokan pada rambut. Mengutip dari Medical News Today, berikut ini sejumlah cara menebalkan rambut yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut tipis. 

1. Menggunakan telur 

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

manfaat kuning telur.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Cara menebalkan rambut yang pertama adalah dengan menggunakan telur. Seperti yang kita ketahui bahwa telur kaya akan protein yang penting untuk rambut yang kuat dan tebal. Sehingga kamu bisa menggunakannya menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menebalkan rambut. 

Selamat Tinggal Rambut Lepek! Berikut 7 Tips untuk Rambut Bervolume dan Sehat

Cara untuk menggunakan telurnya juga terbilang cukup mudah untuk dilakukan, kamu hanya tinggal mengocok 1 atau dua butir telur dalam wadah dan kemudian oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut yang basah. Diamkan olesan telur tersebut di kulit kepala selama sekitar 30 menit. Setelah itu, cuci rambut secara menyeluruh dengan air hangat dan shampo. 

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mencampurkan telur dengan minyak dan air. Kamu hanya tinggal mencampurkan kuning telur, 1 sendok makan (sdm) minyak zaitun dan 2 sendok makan air. Kemudian oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut kering. Diamkan olesan telur tersebut selama 15 menit dan setelah itu cuci dengan air hangat dan shampo.

Menggunakan metode perawatan dengan telur ini dapat dilakukan sekali atau dua kali seminggu. Kamu bisa rutin untuk memakainya selama beberapa minggu agar hasilnya dapat membantu memperkuat dan menebalkan rambut.

2. Menggunakan minyak zaitun

Ilustrasi minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai cara menebalkan rambut. Seperti yang kita tahu bahwa minyak zaitun kaya akan asam omega-3 dan nutrisi lain yang secara keseluruhan penting untuk kesehatan, termasuk kesehatan rambut. Ketika dioleskan secara langsung, minyak zaitun dianggap mampu membantu membuat rambut lebih tebal. Selain itu juga dapat melembutkan rambut dan melembabkan area kulit kepala yang kering.

Cara untuk menggunakan minyak zaitun sebagai metode menebalkan rambut juga terbilang cukup mudah dilakukan. Kamu hanya tinggal menyamakan minyak dengan suhu tubuh dan kemudian pijat minyak ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama sekitar 30-45 menit. Setelah itu cuci rambut yang telah diolesi minyak zaitun dengan shampo. 

Kamu juga bisa menambahkan madu ke dalam minyak zaitun seperti yang dilakukan oleh beberapa orang yang telah mencobanya. Selain itu ada juga yang merekomendasikan untuk membiarkan minyak zaitun semalaman di kulit kepala sambil mengenakan topi mandi (shower cap).

3. Menggunakan pure jeruk

Jus jeruk wortel.

Photo :
  • U-Report

Pure jeruk juga bisa menjadi salah satu cara yang dapat dipilih karena jeruk merupakan buah yang mudah untuk didapatkan. Vitamin C, pektin dan asam dalam jeruk dapat membantu rambut dengan beberapa cara yang berbeda. Vitamin dan nutrisi dapat meningkatkan kilau alami pada rambut yang membuatnya tampak menjadi lebih tebal.

Sementara asam dapat membantu memecah residu dari produk rambut yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut. Salah satu yang menguntungkan dengan menggunakan pure jeruk ini adalah karena memiliki aroma yang segar. 

Untuk membuat pure jeruk ini juga sangat mudah, kamu hanya tinggal blender jeruk segar, lalu oleskan pure jeruk ke rambut dan kulit kepala kemudian pijat secara pelan. Diamkan selama sekitar 1 jam dan setelah itu cuci bersih rambut. Kamu juga bisa menggunakan kondisioner untuk me-rehidrasi rambut setelah melakukan perawatan dengan pure jeruk ini. 

4. Menggunakan lidah buaya

Ramuan lidah buaya

Photo :
  • U-Report

Cara menebalkan rambut yang lainnya juga bisa menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya memang dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk kulit, termasuk kulit kepala dan rambut.

Memakaikan lidah buaya langsung ke rambut dan kulit kepala diyakini dapat membantu memperkuat rambut dan menebalkannya dari waktu ke waktu. Seperti yang diketahui bahwa banyak juga produk untuk perawatan rambut yang menggunakan lidah buaya sebagai kandungan bahan aktif untuk dibuat produk gel atau krim. 

Jika kamu ingin mencobanya sendiri di rumah, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya murni ke rambut dan kulit kepala. Kemudian diamkan selama 30 menit dan setelah itu dicuci. Kamu juga bisa mencampur lidah buaya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Lakukan secara rutin sekali atau dua kali seminggu agar membantu membuat rambutmu menjadi lebih tebal. 

5. Menggunakan alpukat

Ilustrasi minyak alpukat

Photo :
  • Pixabay

Terakhir, kamu bisa menggunakan alpukat sebagai cara menebalkan rambut. Seperti yang kita tahu bahwa alpukat kaya akan vitamin E dan banyak orang yang mempercayainya berguna sebagai pelembab yang baik. Kamu bisa menggosokkan alpukat secara sederhana sebanyak dua kali seminggu.

Atau juga bisa menggunakan cara lain yakni dengan membuat olesan alpukat yang caranya sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya tinggal mencampurkan 1 buah alpukat dengan 1 sdm minyak zaitun. Kemudian oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama sekitar 30 menit dan setelah itu cuci bersih dengan shampo. 

Itulah sejumlah cara menebalkan rambut yang dapat dilakukan sendiri dengan mudah di rumah. Apalagi bahan-bahan yang diberikan di atas tidak sulit untuk didapatkan sehingga sangat membantu bagi kamu yang memiliki rambut tipis dan ingin membuatnya lebih tebal. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya. 

Ilustrasi penembakan.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota polisi ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis 25 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024