Studi: Pria Lebih Mungkin Meninggal Saat Suhu Naik di Malam Hari

Ilustrasi pria
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Bahkan hanya peningkatan 1C di atas panas musiman biasa dapat menyebabkan sekitar empat persen lebih banyak kematian akibat kardiovaskular. Risiko tampaknya hanya pada pria, namun, dengan wanita tidak terpengaruh, menurut penelitian baru di BMJ Open yang dikutip dari The Sun.

4 Tips Ini Bikin Pria Bertahan Lama di Atas Ranjang

Studi sebelumnya telah menemukan bahwa cuaca hangat bertepatan dengan lonjakan kematian dan pasien kardio. Tetapi belum ada penelitian usia spesifik terkait hal ini, jadi tim dari University of Toronto meneliti kematian di antara orang berusia 60-69 tahun.

Mereka menggunakan data dari Kantor Statistik Nasional di mana kematian kardiovaskular tercatat antara Juni dan Juli antara 2001 dan 2015. Tim peneliti memilih Inggris dan Wales karena gelombang panas di Inggris paling sering dan intens selama bulan-bulan ini, dan mereka juga dapat mempelajari peristiwa meteorologi di sampingnya.

4 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Penyakit Jantung

Mereka juga menggunakan informasi serupa dari data AS untuk King County, Washington, yang memiliki iklim serupa, tetapi ini hanya mencakup pria. Hasil menunjukkan antara 2001 dan 2015, ada 39.912 kematian akibat penyakit kardiovaskular (68,9 persen pria) yang tercatat di Inggris dan Wales dan 488 kematian di King County.

Di Inggris dan Wales, kenaikan 1C pada suhu malam musim panas yang biasa dikaitkan dengan peningkatan 3,1 persen dalam risiko kematian CVD di antara pria berusia 60-64 tahun, tetapi tidak pada pria yang lebih tua atau salah satu kelompok usia wanita.

5 Tips Cegah Masalah Jantung Saat Jalankan Ibadah Haji di Tengah Cuaca Panas

Di King County, kenaikan 1°C dikaitkan dengan 4,8 persen peningkatan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular di antara pria berusia 65 tahun ke bawah. Para penulis mengatakan itu menunjukkan risiko yang cukup besar di Inggris dan Wales, di mana meskipun tindakan pencegahan diambil di tahun-tahun berikutnya, tingkat kejadian tetap lebih dari 50 persen lebih tinggi pada orang dewasa berusia 65-69 tahun.

Ini menjadi perhatian karena baru-baru ini daerah seperti Inggris dan Wales mengalami peningkatan intensitas panas pada malam hari daripada siang hari.

Penelitia itu meyimpulkan, “Temuan ini harus merangsang penyelidikan serupa tentang paparan dan tingkat kejadian di daerah lintang tengah hingga lintang tinggi yang padat penduduknya. 

"Mempertimbangkan kemungkinan tumbuhnya musim panas ekstrem di AS Barat dan Inggris, hasil kami mengundang inisiatif kesehatan populasi preventif dan kebijakan perkotaan baru yang bertujuan mengurangi risiko kejadian CVD di masa depan.”

Peristiwa kardiovaskular dapat mencakup serangan jantung atau henti jantung. Indikator awal Anda mungkin mengalami serangan jantung adalah berkeringat, gelisah dan sesak dada. Para ahli telah mendesak warga Inggris untuk meminta bantuan jika mereka merasa mengalami serangan jantung.

Serangan jantung

Photo :
  • Times of India

“Sayangnya, penyakit kardiovaskular menyebabkan seperempat dari semua kematian di seluruh negeri dan kami telah mengidentifikasi ini sebagai satu-satunya area terbesar di mana kami dapat menyelamatkan nyawa selama dekade berikutnya," kata Direktur medis NHS, Profesor Stephen Powis.

Ia menambahkan, “Kampanye NHS baru ini akan menjadi alat vital dalam misi menyelamatkan nyawa itu - membantu orang untuk mengenali kapan mereka atau seseorang di sekitar mereka mengalami serangan jantung dan kapan harus mencari bantuan medis dini tidak dapat diremehkan."

“Sangat mudah untuk mengabaikan gejala awal karena tidak selalu terasa parah, tetapi tidak pernah terlalu dini untuk menghubungi 999 dalam keadaan ini – dan semakin cepat Anda bertindak, semakin baik peluang pemulihan penuh.”

Ada lebih dari 80.000 orang pergi ke rumah sakit karena serangan jantung di Inggris setiap tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya