Yuk Coba, Dua Makanan Ini Ampuh Jaga Imunitas Saat Puasa

Ilustrasi puasa.
Sumber :
  • Pixabay/Serdar_A

VIVA – Jelang Ramadhan, kurma menjadi salah satu buah yang kerap dicari oleh umat muslim di dunia terutama untuk kudapan sahur dan berbuka puasa. Tidak hanya karena rasanya yang manis dan legit, kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh sehingga menjadi pilihan utama nutrisi selama ramadhan.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Manfaat kurma diantaranya mudah dicerna sehingga dapat mengembalikan energi selepas puasa dan membantu menjaga daya tahan tubuh. Menurut dokter spesialis gizi klinik, dr. Feni Nugraha Mars, Mgz, SpG, kurma mengandung tinggi akan karbohidrat yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang merupakan sumber energi tubuh selama menjalankan puasa 14 jam. 

Kandungan glukosa dan fruktosa yang tinggi pada kurma merupakan bentuk gula sederhana yang dapat cepat digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi. Diperoleh dari International Journal of Food Sciences and Nutrition, kurma kaya akan nutrisi, yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengembalikan energi yang hilang selama puasa, baik pada saat sahur maupun berbuka puasa. Dalam 1 butir kurma dengan berat 24 gram mengandung 66 kalori dan gula 16 gram.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

foto puasa syawal

Photo :
  • unsplash.com

"Kurma sebanyak 3-5 buah per hari bisa penuhi 20 persen dari kebutuhan serat harian kita. Kurma tinggi vitamin, antioksdan juga yang jaga stamina dan daya tahan tubuh terutama saat puasa. Baik untuk kesehatan jantung, kulit, tulang. Kurma pun mengandung pemanis alami. Berbuka dimulai dengan yang manis untuk gantikan energi yang hilang. Jadi sangat sehat untuk berbuka puasa," tuturnya dalam acara virtual MilkLife, beberapa waktu lalu.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Selain kurma, Feni juga menuturkan pentingnya nutrisi lain seperti yang terkandung di dalam susu selama bulan ramadhan. Dalam segelas susu mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin E, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

"Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D, yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Di dalam 1 gelas susu mengandung kalsium sekitar 300 mg, yang setara dengan 30 persen kebutuhan kalsium harian kita," kata Feni.

Ilustrasi berbuka puasa.

Photo :
  • U-Report

Tak heran, paduan susu dan kurma merupakan salah satu makanan pilihan selama menjalankan puasa. Menurut data USDA (United States Department of Agriculture) Food Data Central, susu dan kurma mengandung tinggi karbohidrat, serta mengandung protein, lemak, serat, juga berbagai vitamin dan mineral. 

“Berpuasa bukan halangan untuk beraktivitas seperti biasa. Namun kita harus lebih memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh saat sahur dan berbuka. Susu kurma bisa menjadi pilihan yang sehat dan juga mudah diolah menjadi berbagai menu favorit keluarga seperti takjil saat berbuka maupun hidangan pencuci mulut. Selain mengandung protein hewani, susu kurma juga mengandung zat gizi lain, seperti karbohidrat, lemak, laktosa, vitamin dan mineral,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya