Kata Dokter Seledri Bagus untuk Hipertensi, Begini Cara Olahnya

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA – Selain dijadikan sebagai aromatik pada makanan atau masakan, seledri memiliki banyak kandungan sehat sehingga dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Salah satu yang populer, seledri dikatakan sangat bagus untuk membantu pengobatan orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Benarkah? 

Ahli Herbal, dr. Dian Elco Nora, M.Si, mengatakan, hal itu memang bebar adanya. Menurutnya, seledri sangat bagus untuk membantu mengobati tekanan darah tinggi. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

"Seledri secara turun-temurun sudah dibuktikan oleh nenek moyang kita untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Juga, sudah diuji praklinis dan klinis pada manusia," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Selasa 29 Maret 2022. 

Ilustrasi hipertensi.

Photo :
  • Pixabay/frolicsomepl
5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Lalu, bagaimana cara mengolah seledri untuk mengobati hipertensi? Dokter Dian mengungkap, ada dua olahan. Pertama, yang dicampur dengan bahan-bahan lain, dan yang kedua, menggunakan seledri saja. Berikut cara membuatnya. 
 
"Untuk yang dipadukan dengan bahan lain, yaitu dengan direbus. Airnya 1 liter atau 5 gelas, seledrinya 15 gram, cuci bersih, iris-iris, kemudian masukkan. Bisa digunakan daun dan batangnya," kata dia. 

Dian menjelaskan, bahan-bahan yang dimasukkan terlebih dahulu adalah yang bertekstur lebih keras. 

"Jadi selain seledri ada temulawak, kunyit 9 gram, kumis kucing, pegagan dan meniran. Direbus sampai tersisa 3 gelas. Bisa diminum 3 kali sehari setelah makan," tuturnya. 

Ilustrasi seledri

Photo :
  • Pixabay

Jika masih mengonsumsi obat hipertensi, konsumsi ramuan seledri tersebut harus berjarak 3 jam dengan obat-obatan yang diresepkan. Dan ingat, konsumsinya harus tetap dalam pengawasan dokter. 

"Karena perlu pengukuran tekanan darah, jadi supaya tidak turun drastis. Kalau untuk mencegah hipertensi tidak perlu 3 kali sehari, 1-2 kali maksimal," ungkapnya. 

Sedangkan untuk resep kedua, seledri bisa digunakan tunggal atau tanpa penambahan bahan-bahan lain. 

"Jadi seledri ini bisa diseduh. Caranya 3 tangkai seledri, batang beserta daunnya dihaluskan, kemudian ambil 3/4 cangkir air panas. Kemudian dinginkan, setelah dingin saring sampai sisa air saringannya nanti dibagi 2. Jadi pagi dengan siang, atau pagi dengan sore. Ramuan ini jangan diminum malam hari, karena bikin buang air kecil terus," imbuh dr. Dian Elco Nora.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya